Mengenal Herbal Witch Hazel Serta Manfaatnya

Witch Hazel For Acne Mungkin Anda kurang familiar dengan tanaman herbal yang satu ini, Witch hazel merupakan tanaman dengan nama latin Hamamelis Virginiana, berasal dari Amerika Utara yang banyak digunakan untuk pengobatan, bagian yang biasa digunakan diantaranya daun, kulit pohon dan sebagian diambil dari bagian ranting yang sudah kering, dengan melalui proses pengolahan yang dikenal dengan istilah destilasi agar diperoleh ekstrak, air witch hazel yang biasa disebut juga dengan Hamamelis Water. Dalam ilmu pengobatan herbal moderen air desilasi witch hazel dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai benyakit seperti muntah darah, diare, tuberkulosis, flu, demam, tumor dan kanker.

Witch hazel umumnya dikenal sebagai produk yang bermanfaat untuk perawatan dan kecantikan kulit, kandungan tanin yang terdapat didalamnya sangat baik untuk mengurangi pembengkakan, memperbaiki sel kulit yang rusak, sekaligus melawan bakteri. Oleh karena itulah witch hazel banyak digunakan sebagai toner atau lotion, sebagai anti penuaan dan untuk kulit berjerawat . Air witch hazel juga mampu meredakan iritasi pada kulit.

Nah, lebih jelasnya beberapa alasan mengapa witch hazel direkomendasikan untuk mengatasi permasalahan kulit, terutama jerawat.

Astringent dan Desinfektan Alami

Ada 2 fungsi penting witch hazel untuk kulit, yakni sebagai astringent dan desinfektan, oleh karena itulah banyak orang menggunakan witch hazel sebagai obat jerawat, karena zat ini mampu mengobati dan membersihkan kulit tanpa membuat kulit menjadi kering, dan hebatnya lagi witch hazel juga dilaporkan mampu mengecilkan pori-pori, sehingga kulit akan lebih halus.

Cara Kerjanya Cepat

Bagi Anda yang berjerawat, sampai meradang, dengan menggunakan witch hazel jerawat yang mengalami peradangan akan lebih cepat reda, karena kandungan kimia yang terdapat dalam witch hazel memiliki daya kerja yang baik untuk mengatasi peradangan pada kulit, terutama kulit wajah (jerawat)

Disamping itu, banyak yang memilih witch hazel sebagai lotion atau toner untuk perawatan kecantikan, karena harganya cukup terjangkau tanpa perlu khawatir  kocek Anda akan terkuras.