Mengenal Jenis Penyakit pada Tulang

BerandaSehat.com – Manfaat keberadaan tulang pada tubuh manusia sudah pasti tidak perlu diragukan lagi sehingga tidak ada salahnya juga apabila Mengenal Jenis Penyakit pada Tulang. Keberadaan tulang pada tubuh manusia membantu membentuk tubuh, otot-otot pun memiliki tempat untuk melekat, membantu melindungi organ dalam yang penting bagi tubuh seperti jantung, paru-paru, ginjal, lambung dan seterusnya. Dikatakan juga bahwasanya tulang maanusia lebih kuat dibandingkan dengan besi beton. Meskipun demikian bukan berarti tulang pun dijauhi penyakit. Ada jenis penyakit tertentu yang tetap bisa menyerang tulang.

Itulah mengapa perlu kiranya Mengenal Jenis Penyakit pada Tulang sehingga lebih mudah untuk mencegahnya karena keberadaan dan kesehatan tulang juga sangat berpengaruh dalam kegiatan sehari-hari. Jenis-jenis penyakit yang bisa menyerang tulang, diantaranya :

– Rakhitis. Jenis penyakit pada tulang yang terjadi akibat pertumbuhan tulang yang kurang baik. Hal ini biasanya bisa dilihat dari tulang kaki yang berbentuk huruf O atau X. Biasanya dialami sejak saat masih usia anak-anak. Itulah sebabnya agar buah hati tidak mengalaminya, penyakit ini bisa dicegah dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin D. Vitamin D juga bisa diperoleh pada sinar matahari pagi yang sangat membantu pembentukan vitamin D yang sangat baik untuk tulang. Mengajak buah hati berjemur di pagi hari adalah langkah pencegahan yang paling mudah.

– Osteoporosis. Jenis penyakit ini terjadi karena kepadatan tulang berkurang dimana tulang rapuh dan sangat mudah patah. Biasanya terjadi pada tulang bagian leher, pengumpil, paha pada wanita usia di atas 45 tahun dan pria berusia di atas 60 tahun. Untuk mencegahnya selalu mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium dan selalu menjaga aktifitas fisik misalnya dengan rutin berolahraga. Hal ini perlu dilakukan sejak dini sehingga saat usia sudah lanjut tetap memiliki tabungan kalsium dan kepadatan tulang yang baik.

– Rematik. Jenis penyakit ini biasanya menyerang pada bagian persendian yang membuatnya terasa nyeri sehingga sangat sulit untuk digerakkan. Biasanya menyerang tulang siku, pergelangan dan lutut. Saat nyeri menyerang sebaiknya hindari mandi dengan air dingin sehingga persendian pun tidak akan terlalu nyeri.

Nah, semoga beberapa informasi Mengenal Jenis Penyakit pada Tulang akan mempermudah Anda untuk menjaga kesehatan tulang maupun mencegah penyakit tulang pada anggota keluarga maupun orang-orang terdekat lainnya.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *