Mengenal Masalah Ruam Kemerahan Pada Si Kecil

Berandasehat.com – Kulit bayi sangat sensitif, rentan dengan bercak dan kemerahan. Kebanyakan bercak, seperti bercak putih ( milia ) di sekitar hidung dan pipi bayi, tidak berbahaya dan biasanya akan cepat menghilang. Naumn, bercak kemerahan bisa  sebagai akibat dar suatu penyakit sepertieksim atau penyakit menular seperti cacar, campak atau bahkan meningitis.

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendeteksi dan mengenali, serta tips mengobati ruam kemerahan pada bayi.

  • Jangan gunakan sabun atau tissue basah hingga sekurangnya berusia 6 minggu, gunakan air saja. Tambahkan beberapa tetes baby oil ke air mandinya.
  • Bersihkan dan keringkan muka bayi secara hati-hati sehabis disusui untuk mencegah bercak di pipi atau dagunya akibat sisa makanan atau susu.
  • Pakaikan langsung bayi dengan pakaian yang berbahan katun.
  • Taruh kain muslin di atas seprei boks dang anti jika bayi mengompol. Saat menggendong bayi, gunakan kain untuk mencegah kulitnya tergosok baju Anda, dang anti posisi sesekali selagi bayi di susui.
  • Jika bayi baru lahir, kaki dan tangannya kering sehingga perlu dibubuhi pelembab, gunakan pelembab khusus untuk bayi.

Bercak kemerahan sebaiknya di cek dengan hati-hati, bercak kemerahan atau keunguan mungkin merupakan tanda dari meningitis. Gunakan tes gelas kaca untuk menentukan kemungkinan-nya. Ini dia caranya.

Tekan gelas di atas bercaknya, jika bercak tidak memudar dan tetap bisa dilihat melalui gelas, minta segera bantuan medis.
Jika bercaknya memudar, ulangi tes kembali. Dalam beberapa kasus bercak meningitis memudar pada awalnya tapi kemudian tidak menghilang saat ditekan kembali.

Peringatan dan Saran medis

Kunjungi dokter jika masalah kulit yang di alami sei kecil tidak segera menghilang, atau bercaknya menjadi bernanah, berkerak, dan mengeluarkan cairan, atau bayi menjadi demam.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *