Mengenal Meningitis Pada Bayi

Meningitis adalah peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang. Hal ini dapat disebabkan oleh virus, jamur, dan bakteri, termasuk Listeria, GBS, dan E.Coli. bayi baru kahir dapat terinfeksi salah satu dari virus atau bakteri patogen selama kelahiran atau dari lingkungan mereka, terutama jika bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah yang akan membuat bayi lebih rentan terhadap serangan penyakit.

Gejala infeksi pada bayi yang baru lahir tidak begitu spesifik dan mungkin diantaranya termasuk bayi menangis terus-menerus, mudah marah, tidur lebih dari biasanya, lesu, menolak makan dan minum ASI atau susu botol, memiliki suhu tubuh rendah atau tidak stabil, sakit kuning, pucat, memiliki masalah pernapasan, ruam, muntah, atau diare.

Bagaimana Penyakit ini dikenali dan di obati ?

Meningitis adalah infeksi serius pada bayi baru lahir, jika bayi dicurigai memiliki infeksi meningitis, dokter akan melakukan punksi lumbal (juga dikenal sebagai keran tulang belakang ), memasukkan jarum kedalam tulang belakang untuk mengambil sampel cairan serebrospinal.

Pengobatan meningitis tergantung pada apa yang menyebabkannya. Bayi dengan meningitis yang disebabkan oleh bakteri dan jamur akan diberikan antibiotika, sedangkan meningitis yang disebabkan virus dapat diobati dengan obat anti virus. Semua bayi dengan meningitis biasanya membutuhkan perawatan di rumah sakit untuk pemantauan dan perawatan secara intensif.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *