Mengenal Penyakit ALS

Berandasehat.com – Belakangan dunia jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lainnya diramaikan dengan aktifitas para pesohor dunia melakukan Ice Bucket Challenge atau demam IBC. Dimana para pesohor dunia seperti Lionel Messi, Justin Bieber dan lainnya mengguyur air es ke seluruh badannya. Aktifitas tersebut merupakan upaya yang dilakukan untuk penggalangan dana agar masyarakat umum lebih Mengenal Penyakit ALS.

Lalu apa sebenarnya penyakit ALS atau Amyotrophic Lateral Sclerosis merupakan sebuah penyakit yang mampu menyerang seluruh sel syaraf tubuh manusia. Penyakit ini masuk dalam kategori penyakit neurologis fatal. Penyakit yang dikenal pula dengan sebutan Lou Gehrig’s Disease ini juga merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang saraf motorik.

ALS ini menurut Alabama’s AS Association Chapter ditandai dengan adanya rasa lemah yang dirasakan pada bagian tangan, lengan, atau kaki. Selain itu adakalanya penderita mengalami kesulitan menelan makanan, berjalan bahkan sulit berbicara. Gelaja penyakit ALS ini nyaris tidak terlihat dan tidak menyakitkan. Hanya saja semakin lama kemampuan motorik penderita akan semakin lemah secara bertahap.

Hingga saat ini penyakit ALS belum ada obatnya dan masih dalam tahap penelitian. Penelitian tersebut terus dilakukan agar segera ditemukan bagaimana cara perawatan maupun penyembuhan paling tepat untuk penyakit ALS.

Belum Diketahui Penyebabnya

Selain belum ditemukan obatnya, penyakit ini bisa menimpa siapa saja meskipun saat ini kebanyakan penderitanya berusia di atas 50 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan bisa dialami oleh usia muda. Penyakit ALS juga belum diketahui apa penyebabnya, diprediksi hanya sekitar 10 persen dikarenakan faktor lingkungan dan genetis.

Otot penderita ALS semakin lama akan semakin melemah. Tidak hanya melemah, otot juga semakin mengecil. Jika awalnya yang diserang adalah jari telunjuk kanan maka selanjut akan semakin melemah diikuti jari lainnya. Penyakit akan semakin memburuk dengan menyerang saraf lainnya misalnya lengan atas, bawah dan seterusnya.

Hingga saat ini, karena belum ditemukan obatnya maka perawatan yang dilakukan lebih kepada pemberian obat yang mampu membuat penderitanya bertahan hidup lebih lama. Namun obat tersebut yaitu Riluzole untuk saat ini belum mampu menyembuhkan penyakit tersebut.

Setelah Mengenal Penyakit ALS melalui informasi tersebut semoga Anda tidak bingung lagi dengan fenomena mandi air es yang dilakukan para pesohor dunia. Semoga dengan adanya kepedulian yang dilakukan banyak para pesohor dunia termasuk Presiden AS, Barrack Obama, segera ditemukan obat untuk penyakit ALS. Baca juga Mengenal Irritable Bowel Sydrome (IBS).

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This