Mengenal Penyakit Flek atau Tuberkulosis Pada Anak

Flek pada anak

Flek merupakan ungkapan lokal yang dimaksudkan untuk penyakit TBC, yakni penyakit yang menyerang pada sistem pernapasan (paru-paru) dan disebabkan oleh bakteri yang disebut mycobacterium tuberculosis.

Beberapa gejala khas yang biasa ditemukan pada anak yang menderita flek atau Tuberkulosis Pada Anak diantaranya

  • Batuk yang tak kunjung sembuh sampai berminggu-minggu (batuk kronis).
  • Tubuh anak makin lama semakin menyusut (kurus).
  • Samping leher sering teraba kelenjar getah beningnya.

Tes Mantoux

Tes mantoux dibutuhkan untuk memastikan apakah anak mengalami flek atau tidak. Tes ini biasanya dilakukan dengan menyuntikkan tes ke bagian lengan bawah, tepatnya di bawah lapisan kulit. Dapat dikatakan anak terinfeksi atau terdiagnosa TBC apabila timbul benjolan merah dengan garis tengah sekitar 10 mm-1 cm. Benjolan ini bisa terlihat dalam waktu 2 hingga 3 hari.

Pencegahan dan Penanganan Anak yang Terserang Flek

Anak-anak yang terserang flek perlu ditangani oleh dokter atau ahli medis dengan serius. Pencegahan terhadap flek bisa dilakukan dengan pemberian vaksin BCG. Namun, ketika BCG dilakukan saat bayi berusia 2-3 bulan perlu dilakukan tes mantoux terlebih dahulu. Jika hasilnya negatif, maka pemberian vaksin dapat dilanjutkan. Namun, jika hasilnya positif maka vaksin tidak diberikan karena justru akan memperparah penyakitnya.

Penanganan dan Terapi Obat

Apabila telah ada kepastian dari ahsil tes bahwa anak terinfeksi kuman TBC maka sebaiknya terapi dilakukan oleh dokter spesialis paru. Pengobatan yang tepat akan menuntaskan kuman TBC sehingga anak bisa tumbuh dengan normal dan tidak lagi mengalami batuk berulang.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This