Mengenal Penyakit Gondongan

Gondongan

Gondongan

Beranda Sehat.com – Penyakit Gondong ( mumps ) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar air liur ( ludah ). Penyakit ini tidak terlalu berbahaya dan tidak pula mudah menular seperti halnya penyakit campak.

Akan tetapi, komplikasi dari penyakit ini perlu mendapatkan perhatian dan yang paling sering terjadi yaitu adanya radang otak, radang bu**ah pe**lir pada laki-laki atau radang kandung telur pada perempuan sehingga dapat mengakibatkan infertilitas. Oleh karena itu,  untuk mencegahnya vaksinasi tetap perlu di berikan pada bayi dan anak-anak.

Gejala dari penyakit ini yaitu sakit kepala dan merasa tidak enak badan. Setelah mengalami demam selama 3-5 hari, terjadi pembengkakan di daerah pipi tepatnya di bawah telinga. Apabila pembengkakan ini ditekan tidak akan terasa nyeri, akan tetapi rasa sakit hanya akan terjadi pada saat penderita menelan atau mengeluarkan air liur.

Penyakit gondong baru akan sembuh setelah 7-8 hari. Walaupun demikian Anda tidak akan bisa melakukan sesuatu dengan tenang apabila bayi dan anak-anak menderita suatu penyakit. Oleh karena itu, sebelum penyakit tersebut datang dan menyebar ke dalam tubuh bayi dan anak-anak sebaiknya Anda memberinya imunisasi sejak usia dini.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *