Mengenal Penyakit Kulit

Berandasehat.com – Kulit merupakan bagian tubuh manusia yang terkadang hanya diperhatikan karena kecantikannya saja. Namun terkadang diabaikan ketika terjadi gangguan. Sebenarnya ada banyak jenis penyakit yang bisa menyerang kulit. Meskipun berada di bagian luar tubuh bukan berarti harus menganggap sepele setiap gangguan yang terjadi. Mungkin terasa gatal, karena diabaikan dan hanya digaruk dan didiamkan ternyata menimbulkan penyakit yang lain. Itulah sebabnya, kesehatan kulit tubuh juga perlu diperhatikan.

Ada beberapa jenis penyakit kulit yang mungkin bisa menyerang, baik pria maupun wanita, antara lain :

1. Herpes. Herpes bisa diderita pria maupun wanita. Kulit terasa seperti kesemutan, mungkin juga terasa panas seperti terbakar, agak melepuh dan terasa sakit. Keluhan tersebut bisa terjadi selama dua minggu. Bisa menyerang di berbagai bagian tubuh seperti kulit pada leher, kaki, pantat, dan lainnya. Perlu diberikan pengobatan sehingga rasa sakit bisa segera diatasi dan tidak menganggu aktifitas yang dilakukan.

2. Kutil. Penyakit ini menular melalui virus ketika terjadi kontak dengan penderita kutil. Kutil bisa muncul pada bagian jari atau tangan. Untuk mengatasi penyakit ini, sebaiknya kutil selalu ditutup menggunakan perban agar kutil tetap kering. Biasanya penyakit ini memang tidak disertasi rasa sakit, cenderung tidak berbahaya dan bisa hilang sendiri.

3. Biduran atau Hives. Penyakit ini terjadi biasanya karena alergi terhadap sesuatu. Misalnya dingin, terlalu panas, makanan, dan lainnya. Penderita biasanya akan mengalami gatal-gatal dan seperti terbakar. Muncul semacam bentol-bentol berwarna merah di seluruh tubuh. Untuk mengatasinya segera cari tahu apa penyebabnya, jika memang karena cuaca segera sesuaikan dengan tubuh. Jika kedinginan segera hangatkan badan, jika kepanasan segera cari tempat yang lebih sejuk, dan seterusnya. Biasanya biduran akan segera mereda dengan sendirinya.

4. Panu. Penyakit kulit satu ini disebabkan karena jamur Candida albicans. Bisa dialami remaja maupun orang dewasa baik pria maupun wanita. Biasanya penderita akan mengalami rasa gatal pada bagian kulit yang terdapat panu. Apalagi jika sedang berkeringat. Bagian kulit yang terkena panu, akan terdapat semacam bercak berwarna putih, coklat ada pula yang merah. Hal ini dipengaruhi oleh warna kulit penderita. Untuk mencegahnya tentu harus rajin mandi dan berganti pakaian. Untuk mengatasinya bisa menggunakan salep atau obat khusus bisa dari dokter ataupun cara tradisional.

5. Kadas dan kurap. Keduanya sebenarnya penyakit sejenis. Penyakit ini disebabkan karena infeksi jamur dan bisa berkembang pada kulit yang hangat dan lembab. Penyakit ini bisa berbentuk melingkar seperti cincin, berwarna merak, gatal, bersisik, terkadang melepuh, mengeluarkan cairan. Jika tidak segera diatasi akan meluas.

Masih banyak jenis penyakit kulit yang bisa dialami. Namun setidaknya dengan mengetahui beberapa penyakit tersebut akan membuat lebih memperhatikan kebersihan badan dan kesehatan kulit. Jika mengalami gangguan kulit dan tidak segera sembuh dalam beberapa hari segera bawa ke dokter atau klinik kesehatan sehingga bisa segera memperoleh solusi atas penyakit kulit yang sedang dialami.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This