Mengenali Cacar Air pada Anak

BerandaSehat.Com – Cacar Air merupakan jenis penyakit yang diakibatkan oleh serangan virus. Tanda-tanda anak sedang terserang cacar air adalah sebagai berikut.

  • Timbul gelembung atau bintil-bintil kecil di kulit yang berisi air.
  • Bintil kulit memerah seperti gigitan serangga.
  • Bintil makin lama semakin banyak, menyebar, dan membesar dengan warna kecoklatan.
  • Terasa sangat gatal pada bintil-bintil dan keinginan kuat untuk menggaruknya.
  • Disertai dengan demam, selera makan berkurang, dan malas beraktivitas seperti biasanya.

Apakah Cacar Air Menular?

Benar sekali, cacar air merupakan penyakit yang mudah menular, oleh karenanya hindarkan bayi dan anak untuk mengunjungi apalagi bersentuhan langsung dengan penderita cacar air. Masa inkubasi penyakit ini sekitar 1-2 minggu dan kemudian bisa sembuh dengan sendirinya.

Penanganan Anak Yang Menderita Cacar Air

Ketika anak menderita cacar air, hal utama yang dibutuhkan adalah istirahat dan terpenuhinya kebutuhan nutrisinya. Usahakan anak tetap mau makan dan minum dengan pola sehat, serta liburkan dulu dari sekolah. Anak tetap bisa mandi asalkan dilakukan dnegan hati-hati agar cacar tidak pecah sehingga menular ke kulit disampingnya. Pengobatan oral tidak dibutuhkan kecuali anak merasa sangat sakit atau nyeri.

Berkonsultasi dengan dokter akan lebih baik bagi orangtua yang meragukan penanganan sendiri di rumah. Dokter akan dapat memutuskan apakah diperlukan pengobatan secara oral ataukah cukup dengan penggunaan obat topikal.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?