Mengenali Tanda-tanda Kurang Minum

Berandasehat.com – Mengenali Tanda-tanda Kurang Minum sangat  efektif untuk mengetahui gejala dehidrasi ringan yang terjadi. Dehidrasi atau kehilangan cairan dalam tubuh bisa dialami siapa saja, baik pria maupun wanita, anak-anak, remaja, dewasa atau orang tua. Sepertinya sepele namun ketika seseorang mengalami kekurangan cairan dalam tubuh bisa berpengaruh terhadap kesehatannya.

Ketika seseorang mengalami dehidrasi ringan bisa membuatnya bingung, mudah lelah, marah tegang, cemas, menurunnya daya ingat bahkan membuat sakit kepala. Tanda sederhana kekurangan cairan adalah saat seseorang merasa haus. Dan air putih adalah solusi paling tepat untuk mengatasi persoalan tersebut. Konsumsi banyak air putih bisa mengatasi dehidrasi yang dialami. Pada wanita juga dikatakan lebih mudah mengalami dehidrasi dibandingkan pria. Itulah sebabnya dalam berbagai kesempatan ada baiknya membawa bekal minum air putih sehingga bisa diminum sewaktu-waktu.

Dehidrasi yang parah bahkan bisa membuat orang sampai harus dirawat di rumah sakit. Untuk diingat pula, kurang minum air putih dalam jangka panjang juga dapat berdampak pada kesehatan ginjal.

Mengenali Tanda-tanda Kurang Minum bisa dilakukan diri sendiri sewaktu-waktu. Selain melalui tanda saat sedang kehausan, tanda bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi ringan bisa dilihat dari warna urine. Pemeriksaan ini sering dikenal dengan sebutan Periksa Urin Sendiri (PURI). PURI bisa dilakukan kapan saja kecuali saat bangun tidur yang biasanya kondisi urine masih dalam keadaan pekat.

PURI bisa dilihat secara langsung saat sedang buang air kecil atau dilakukan dengan menampung urine tersebut dalam wadah bening. Jika hanya melihat secara langsung saat buang air kecil, bisa dilihat dari keenceran, dan warnanya. Begitu pula saat ditampung selanjutnya dilihat di bawah cahaya yang cukup, matahari maupun cahaya lampu. Bisa dilihat jika urine berwarna kuning pekat berarti tubuh sedang kekurangan banyak cairan, sementara jika kuning terang atau bening berarti tubuh dalam keadaan yang baik.

Perlu diingat pula, konsumsi makanan, minuman atau obat tertentu juga bisa berpengaruh terhadap warna dan kepekatan urin. Seperti misalnya ada beberapa produk multivitamin tertentu yang membuat urine berwarna kuning pekat. Anda harus menyadari hal tersebut sehingga tidak perlu terlalu khawatir.

Nah, dengan Mengenali Tanda-tanda Kurang Minum Anda sudah seharusnya menjadikan air putih sebagai sahabat setia dengan membawanya kemanapun Anda pergi sehingga bisa menghindari dari kekurangan cairan.