Mengetahui Penyebab Kematian Mendadak

Berandasehat.com – Kematian mendadak bisa dialami siapa saja. Berdasarkan agama atau kepercayaan yang diyakini, kematian mendadak memang sudah menjadi takdir seseorang. Namun dalam dunia medis tentu ada alasan tersendiri mengapa seseorang bisa mengalami kematian secara mendadak. Para pesohor tanah air pun tidak lepas dari hal ini. Sebut saja Benyamin, Basuki, Adjie Massaid, Ricky Jo, dan lainnya. Mereka dikatakan tidak memiliki keluhan apapun namun tiba-tiba mengalami kematian secara mendadak. Inilah yang kemudian mendorong seseorang merasa penasaran untuk Mengetahui Penyebab Kematian Mendadak. Sehingga bisa berupaya untuk melakukan pencegahan sekecil apapun kemungkinan yang bisa diperoleh.

Apa penyebab kematian mendadak?

Dugaan paling kuat penyebab kematian mendadak adalah serangan jantung. Kematian mendadak dikenal juga sebagai sudden cardiac death yang dipahami sebagai kematian yang terjadi begitu cepat dan tidak terduga sebelumnya, biasanya terjadi sekitar satu jam setelah munculnya gejala. Penyebab kematian mendadak itu bisa disebabkan karena adanya gangguan irama jantung atau aritmia. Aritmia jantung merupakan keadaan dimana jantung berdenyut secara tidak teratur. Denyut jantung bisa terlalu cepat atau justru terlalu lambat.

Jantung yang berdenyut dengan cepat akan menganggu kemampuan jantung dalam memompa darah secara benar. Bahkan bisa membuatnya berhenti bekerja. Aritmia tersebut bisa terjadi tanpa sebab. Bisa juga karena penyebab khusus seperti stress, aktifitas fisik terlalu  berat dan lainnya.

Penyebab kematian mendadak lainnya adalah penyakit jantung koroner. Pada dasarnya penyakit jantung koroner merupakan penyebab kematian penduduk terbanyak. Penyebabnya adalah terjadinya penyumbatan yang terjadi pada koroner oleh plak dan bekuan darah. Plak terdiri dari lapisan keras yang terbentuk dari kapur atau kalsium dan lapisan lunak yang terbentuk dari kolesterol atau lemak. Artinya terjadinya penyakit jantung koroner pada dasarnya tidak mendadak namun terjadi selama puluhan tahun. Kolesterol jahat yang dibiarkan menumpuk lama-lama menyumbat dinding koroner.

Bagaimana cara untuk melakukan pencegahan?

Itulah sebabnya perlu menjaga gaya hidup, pola makan, dan olahraga secara teratur. Selain itu perlu juga untuk selalu melakukan pengecekan kesehatan jantung. Apalagi jika sudah timbul berbagai gejala misalnya terdapat nyeri seperti tertindih benda berat di atas dada. Selanjutnya nyeri tersebut menjalar ke lengan, pundak dan punggung. Meskipun rasa nyeri yang dirasakan hanya sebentar namun jika dibiarkan dan gaya hidup maupun pola makan tidak diubah maka hal tersebut akan memperburuk koroner. Nyeri yang dirasakan semakin sering dan tidak tertahankan bisa saja sumbatan koroner sudah semakin menebal.

Semoga dengan Mengetahui Penyebab Kematian Mendadak membuat lebih waspada untuk melakukan pencegahan dengan menjaga pola makan, istirahat dan gaya hidup yang dilakukan. Baca juga Apa Saja Penyebab Penyakit Jantung?