Mengintip Penyebab Gigi Berlubang pada Anak

BerandaSehat.com – Penyebab Gigi Berlubang pada Anak bisa memberikan banyak informasi sehingga mampu membantu Anda mencegah gigi buah hati berlubang atau rusak. Gigi berlubang ketika masih kecil dan belum terlalu meluas biasanya tidak terlalu menganggu. Namun jika sudah semakin melebar bahkan hingga menembus ke gusi biasanya akan membuat buah hati terganggu. Mengeluh kesakitan, nyeri, ngilu bahkan bengkak. Tidak jarang juga disertai dengan demam. Cara yang dilakukan biasanya dibawa ke dokter gigi kemudian diberikan obat. Selanjut ditambal atau justru dicabut jika sudah terlalu parah. Gigi berlubang disebabkan tingginya kadar asam pada mulut. Untuk mencegahnya tentu saja dengan rajin menggosok gigi.

Gigi dengan kandungan asam yang tinggi biasany dipicu oleh makanan yang dikonsumsi. Apalagi anak-anak yang cenderung menyukai makanan dengan rasa manis seperti gula, es krim, sirup, coklat, dan sebagainya. Agar lebih mudah bagi Anda untuk mengetahuinya berikut ini beberapa  Penyebab Gigi Berlubang pada Anak antara lain :

Terlalu sering dan banyak mengonsumsi makanan manis dan lengket. Makanan manis dan lengket seperti permen atau coklat yang menempel pada gigi menyebabkan banyak kuman yang menempel pada gigi. Begitu pula minuman bersoda. Kandungan gulanya yang sangat tinggi juga menyebabkan gigi mudah rusak. Jadi sebaiknya batasi konsumsi makanan manis dan lengket pada anak. Jika memang memberikannya, pastikan buah hati Anda untuk segera menyikat gigi mereka. Sebaiknya biasakan memberikan buah-buahan seperti apel atau pir sebagai camilan. Selain memiliki kandungan vitamin maupun serat yang baik untuk tubuh, buah tersebut juga membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Terlalu malas untuk menyikat gigi. Menyikat gigi di pagi hari mungkin memang selalu dilakukan. Namun menyikat gigi sebelum tidur biasanya tidak banyak dilakukan. Mulai alasan dingin, malas dan sebagainya. Pastikan untuk membiasakan dan memberikan contoh selalu menyikat gigi sebelum tidur. Karena pada saat tidurlah asam pada mulut sangat tinggi sehingga saat tidur, kuman dan bakteri pun bekerja untuk merusak gigi buah hati Anda.

Jarang memeriksakan gigi ke dokter gigi. Kebanyakan orang memeriksakan gigi ke dokter ketika ada keluhan gigi mau tanggal dan tentu saja ketika gigi terasa sakit. Ada baiknya sejak dini membiasakan memeriksakan gigi buah hati ke dokter gigi. Cara ini selain mencegah gigi berlubang juga memberikan pengetahuan tambahan terhadap buah hati bagaiamana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Anak-anak pun terbiasa dan tidak merasaka ketakutan ketika ke dokter gigi.

Semoga beberapa informasi mengenai Penyebab Gigi Berlubang pada Anak membuat Anda lebih mudah untuk menjaga kesehatan gigi buah hati.