Mengonsumsi Makanan Ini Bikin Obat Tidak Efektif Kinerjanya

Makanan yang tidak Baik Dikonsumsi saat Minum Obat – Makanan  dan obat memang sama-sama penting dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan penyakit. Hanya saja ada jenis makanan atau minuman tertentu yang jika dikonsumsi justru membuat kinerja obat tidak efektif. Bahkan ada pula yang membahayakan. Baca juga 6 Cara Pengobatan Flu yang Bisa Dilakukan di Rumah.

Obat ketika dikonsumsi sesuai aturan baik dosis maupun waktu pemakaian memang akan membuat pengobatan berjalana efektif. Namun perlu juga kiranya mengetahui jenis-jenis makanan atau minuman yang ketika dimakan bersamaan dengan obat tertentu justru bisa menurunkan kinerja obat. Baca juga Bahaya Obat pada Ibu Hamil.

Mengutip dari tempo.co disebutkan ada 5 jenis makanan dan minuman yang ketika dipadukan dengan obat tertentu, justru memberikan efek kurang baik, antara lain :

1. Buah Jeruk dan Obat Batuk
Buah jeruk mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun ada beberapa jenis jeruk yang jika dikonsumsi dengan obat batuk seperti dextromethorphan akan memberikan efek halusinasi dan rasa kantuk. Selain itu juga bisa memberikan efek statin dalam bentuk kerusakan yang terjadi pada otot.

2. Susu dan olahannya dengan obat antibiotik
Beberapa jenis obat antibiotik mampu mengikat kalsium, zat besi dan mineral lainnya yang ada pada susu dan makanan olahannya. Ini berarti susu telah menganggu proses penyerapan antibiotik pada tubuh sehingga kinerja antibiotik menjadi menurun. Hal ini terjadi pada jenis obat seperti tetracycline atau flouroquilone yang biasanya kandungan ini ditemukan pada obat infeksi maupun jerawat.

3. Sosis dan Obat Antidepresan
Sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak asam amino tyramine seperti sosis saat akan mengonsumsi obat yang memiliki kandungan monoamne oxidase inhibitors atau MAOIs karena bisa menyebabkan tekanan darah naik. Termasuk juga daging asap, keju dan kecap.

4. Cokelat dan Ritalin
Kandungan kafein dan theobromine pada coklat akan memberikan efek lebih cemas, lebih cepat marah dan lebih menggebu ketika memakannya setelah mengonsumsi ritalin.

5. Buah Apel dan Obat Alergi
Ketika Anda harus mengonsumsi obat dengan kandungan fexofenadine atau pereda demam sebaiknya hindari mengonsumsi apel, jeruk dan anggur. Setidaknya beri jeda selama empat jam sebelum mengonsumsi obat tersebut. Hal ini dikarenakan ketiga obat tersebut menghalangi peptida membawa obat dari usus ke alirah darah Anda. Begitu pula ketika Anda harus mengonsumsi obat antibiotik, alergi, tiroid, dan asma.

Bisa jadi ada beberapa jenis makanan atau minuman yang bisa menganggu kinerja obat. Untuk lebih mengetahui pastinya, ada baiknya ketika Anda berobat ke dokter dan menerima resep obat, tanyakan Makanan yang tidak Baik Dikonsumsi saat Minum Obat tersebut. Sehingga Anda bisa menghindarinya dan kinerja obat pun tidak terganggu.