Ingin Meningkatkan Kemampuan Dalam Komunikasi? Tips Ini Bisa Kamu Praktekkan

Meski mengikuti kuliah blended learning, bukan berarti kamu tidak akan melakukan kontak sosial dengan orang lain. Sebagai makhluk sosial, manusia memiliki kebutuhan untuk selalu melakukan komunikasi dengan orang lain baik untuk memenuhi kebutuhan, hiburan, menambah teman, menghilangkan kebosanan, atau karena alasan lainnya. Bukan hanya dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari, komunikasi juga amat diperlukan ketika memasuki dunia kerja.

Ingin Meningkatkan Kemampuan Dalam Komunikasi? Tips Ini Bisa Kamu Praktekkan

Sumber gambar: pixabay

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan komunikasi dengan baik. Sebagian orang menjadi enggan bahkan takut ketika berusaha melakukan komunikasi, penyebabnya sangat beragam mulai dari kurang percaya diri, topiknya tidak nyambung, atau lainnya. Lalu bagaimana cara meningkatkan kemampuan dalam komunikasi, berikut ini tips yang bisa dilakukan:

Lakukan observasi

Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, melakukan observasi merupakan hal yang harus dilakukan. Observasi yang dimaksud yakni memperhatikan cara orang lain melakukan komunikasi, baik oleh teman, saudara, karyawan, atau lainnya yang ada di sekitar.

Tujuan dari kegiatan observasi ini untuk mengetahui cara orang lain berkomunikasi, dengan begitu akan membuka wawasan baru yang lebih baik. Pada akhirnya, wawasan tersebut bisa dijadikan sebagai acuan dan diterapkan ketika berkomunikasi. Mahasiswa kuliah online juga bisa menerapkan tips satu ini, akan sangat berguna untuk pergaulan maupun dunia kerja.

Aktif mendengarkan

Cara peningkatan kemampuan komunikasi juga bisa dilakukan dengan menjadi pendengar yang baik, mendengarkan merupakan bagian dari kegiatan komunikasi yang tidak dapat dipisahkan. Semua orang mungkin bisa melakukan komunikasi yang baik, namun tidak semua orang mampu menjadi pendengar yang baik.

Belajar dengan cara mendengarkan saran maupun pendapat orang lain akan sangat berguna dalam meningkatkan kemampuan komunikasi. Dengan menjadi pendengar yang aktif, kamu akan mampu menyerap pengetahuan serta inspirasi baru dari orang lain.

Melatih bahasa tubuh

Mahasiswa blended learning jurusan komunikasi pasti tahu, bahasa tubuh merupakan bentuk komunikasi paling benar. Intonasi, mimik wajah, gerak tangan, lirikan mata, dan lainnya sangat berpengaruh terhadap jalannya sebuah komunikasi. Body language akan memberitahukan lawan bicara tentang apa yang ia rasakan, apakah merasa bosan, gugup, takut, tidak peduli, berbohong, atau lainnya.

Melatih bahasa tubuh merupakan hal yang sangat penting dilakukan, karena bahasa satu ini merupakan bahasa yang paling mudah dilihat. Terlebih jika sudah masuk dunia kerja dan menjadi bos perusahaan, kemampuan bahasa tubuh harus sangat dikuasai karena nantinya kamu akan banyak berhubungan dengan klien, partner, bahkan lawan bisnis.

Seringlah berlatih

Berlatih bisa meningkatkan kemampuan dalam komunikasi, caranya? Mulailah mencoba berlatih bersama keluarga atau teman dengan bahan obrolan santai dan nyaman. Sering melakukan komunikasi bisa menjadi jalan terbaik untuk membiasakan diri, sehingga kedepannya kamu tidak akan kaku ketika harus melakukan komunikasi dengan orang lain.

Kemampuan komunikasi tidak dapat diperoleh secara instan, diperlukan waktu dan latihan secara terus-menerus. Jadi berlatih sedari dini sangat diperlukan, bisa dimulai dengan mengangkat isu ringan atau obrolan santai tentang kesukaan dengan orang terdekat.

Bukan hanya berlatih, kegiatan komunikasi juga harus dilakukan dengan bahasa yang sopan dan disenangi. Sesuaikan penggunaan bahasa dengan umur lawan bicara, tentu kamu tahu jenis bahasa apa yang cocok digunakan berdasarkan jenjang umur lawan bicara.

Sukai kegiatan membaca

Mahasiswa reguler maupun yang mengikuti kuliah online harus senang membaca. Membaca merupakan kegiatan yang sangat baik dilakukan, tujuannya untuk menambah pengetahuan serta kosakata baru yang mungkin belum pernah ditemui. Dengan bertambahnya pengetahuan, kegiatan komunikasi akan lebih efektif karena kamu mengetahui perkembangan yang terjadi.

Membaca yang dimaksud bukan terbatas pada buku saja, namun membaca koran, majalah, menonton berita, atau lainnya yang memungkinkan kamu mengetahui kejadian yang tengah terjadi. Mengetahui keadaan atau kejadian tentu akan membuat kegiatan komunikasi berjalan dengan baik, karena kedua belah pihak sama-sama paham apa yang sedang dikomunikasikan.

Cobalah menjalin hubungan baik dengan orang lain

Menjalin hubungan dengan orang lain akan meningkatkan kemampuan dalam komunikasi, termasuk di dalamnya kemampuan dalam kegiatan komunikasi interpersonal. Cara menjalin hubungan baik bisa dimulai dengan senyuman, hal ini akan memberi pengaruh positif kepada orang lain.

Ketika memulai komunikasi, melakukan kontak mata dengan baik harus dilakukan. Kontak mata bertujuan agar membuat lawan bicara merasa nyaman dan merasa diperhatikan, bayangkan jika saat berkomunikasi kontak mata tertuju pada hal lain? Tentu akan sangat mengesalkan bukan.

Agar kegiatan komunikasi tidak stuck, kamu bisa memperluas wawasan agar tidak kehabisan topik pembicaraan. Membahas berbagai topik akan sangat membantu dalam menjalin hubungan baik dengan orang lain.

Tidak perlu khawatir jika kamu merasa kurang dalam kemampuan komunikasi, dengan perkembangan zaman saat ini peningkatan kemampuan bisa dilakukan dengan mudah. Saat ini ada banyak lembaga formal maupun non formal yang bisa meningkatkan kemampuanmu dalam melakukan komunikasi, mulai dari mengikuti kursus / pelatihan, kuliah blended learning jurusan komunikasi, seminar, workshop, gabung dengan komunitas tertentu, atau lainnya

Leave a Comment

WhatsApp chat