Cara Merawat Wajah Secara Alami yang Perlu Anda Ketahui

https://berandasehat.comSetiap orang terutama wanita pastinya ingin memiliki wajah cantik alami. Namun sayangnya sekarang ini banyak dari mereka yang lebih memilih menggunakan cara instan seperti operasi plastik, menggunakan bahan kimia, botox, dan lain sebagainya. Padahal cara tersebut akan memberikan efek samping yang buruk pada kesehatan kulit ke depannya. Cara merawat wajah secara alami sebenarnya mudah, hanya saja membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam menerapkannya. Karena cara alami tidak memberikan efek yang cepat pada wajah. Lantas, bagaimana caranya merawat kulit wajah secara alami? Banyaknya wanita yang mempertanyakan hal ini menunjukkan bahwa mereka mulai sadar dan memahami pentingnya menggunakan cara alami dibandingkan melakukan perawatan kimia yang relatif mahal. Apalagi bahan alami juga sangat aman digunakan dan tidak memiliki efek samping apapun meskipun diterapkan dalam jangka waktu yang lama.

Merawat wajah secara alami

11 Cara Merawat Wajah Secara Alami

Merawat wajah secara alami pada dasarnya adalah memanfaatkan bahan-bahan herbal yang ada di sekitar untuk memberikan nutrisi pada kulit agar tampak bersih dan cantik. Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah, hanya tergantung dari  bagaimana Anda merawat dan membersihkannya. Sebelum melakukan perawatan, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang dimiliki. Pasalnya setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, diantaranya adalah kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif dan kulit normal. Dan tentu saja jenis kulit yang berbeda membutuhkan perawatan yang berbeda pula.

Baca juga : Cara Make-up ala Korea

Hal mendasar yang perlu Anda lakukan untuk merawat wajah adalah jangan menyentuh kulit wajah sebelum mencuci tangan. Karena hal tersebut bisa menyebabkan kotoran dan bakteri yang ada di tangan berpindah ke wajah. Kondisi inilah yang membuat wajah sering berjerawat. Selain itu, biasakanlah untuk selalu membersihkan wajah setelah bepergian, menggunakan make up dan hendak tidur dengan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Jangan lupa untuk menggunakan pelembab yang cocok untuk kulit Anda sebelum beraktivitas di luar supaya wajah senantiasa terbebas dari sinar UV yang menjadi penyebab munculnya flek hitam. Terakhir, luangkanlah waktu Anda setengah jam untuk menggunakan masker alami yang terbuat dari buah-buahan segar untuk merawat kulit agar tampak sehat, bersih dan cantik. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa dijadikan sebagai upaya Anda merawat wajah secara alami.

1. Apel

Buah apel memiliki kandungan yang mampu mengurangi jumlah minyak pada wajah. Dengan begitu, wajah Anda tidak akan terlihat kusam dan berminyak. Caranya, Anda blender buah apel tanpa menggunakan air sedikitpun. Kemudian balurkan pada wajah secara menyeluruh dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah, bilas dengan air bersih.

2. Pisang

Cara merawat wajah secara alami selanjutnya adalah menggunakan buah pisang. Buah pisang memiliki nutrisi yang bermanfaat untuk membuat kulit menjadi kenyal dan lembab. Selain itu, buah ini juga mampu meremajakan kulit. Cara penerapannya adalah, Anda hancurkan pisang ambon matang 1 buah. Lalu tambahkan madu sebanyak 1 sendok pada pisang yang sudah dihancurkan tadi. Jika sudah tercampur, balurkan pada wajah dan biarkan selama 30 menit kemudian bersihkan.

3. Bengkoang

Bengkoang bermanfaat untuk melembabkan dan menghaluskan kulit wajah. Tak hanya itu, bengkoang juga berguna untuk memutihkan kulit. Caranya, Anda siapkan bengkoang lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya, bersihkan bengkoang dari kulitnya dan parut bengkong. Dari parutan tersebut, Anda peras dan ambil air ekstraknya untuk kemudian ditaruh di wadah bersih. Buang ampas bengkoang. Biarkan ekstrak bengkoang selama beberapa saat sampai terlihat endapan di dasar wadah. Setelah itu, Anda ambil endapannya dan buang airnya. Endapan tersebutlah yang akan Anda gunakan sebagai masker.

4. Tomat

Tomat Mengandung zat anti oksidan tinggi yang mampu mengurangi komedo, mencerahkan kulit dan mengatasi iritasi kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Cara merawat wajah secara alami menggunakan tomat juga sangat mudah. Anda hanya perlu menghaluskan sebuah tomat, kemudian campurkan dengan sesendok madu. Apabila sudah tercampur secara merata, Anda oleskan pada seluruh kulit wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu, bersihkanlah wajah dengan air yang hangat.

5. Pepaya

Tahukah Anda bahwa ternyata, pepaya hijau memiliki kandungan enzim papain yang sangat berguna untuk memutihkan kulit. Tak heran jika buah ini banyak digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuatan produk pemutih kulit. Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengambil pepaya hijau yang masih mangkal sebanyak 1 sendok lalu haluskan. Sementara itu, ambil lagi pepaya yang sudah matang sebanyak satu sendok dan haluskan kembali. Kedua pepaya tersebut dicampur lalu dibalurkan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Selanjutnya, bersihkan dengan air bersih.

6. Jeruk nipis

Di dalam jeruk nipis, terdapat kandungan zat antioksidan dan vitamin C yang berguna untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah. Buah ini juga berguna untuk mengecilkan pori-pori sehingga dapat mencegah munculnya jerawat. Cara merawat wajah secara alami dengan jeruk nipis juga sangat mudah. Pertama, Anda belah jeruk menjadi dua bagian. Peras lalu ambil airnya saja. Selanjutnya, oleskan secara merata pada kulit wajah dan diamkan selama 15 menit. Bersihkan dengan air hangat.

7. Kentang

Kentang mengandung antioksidan yang berguna untuk menyamarkan bintik dan flek hitam. Caranya adalah dengan memarut sebuah kentang, lalu dicampurkan dengan sesendok madu. Setelah itu, balurkan pada seluruh wajah termasuk leher dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.

8. Mentimun

Tak hanya kentang, mentimun juga mengandung nutrisi yang dapat mengangkat flek hitam penyebab kulit kusam. Menggunakan bahan alami ini, wajah akan tampak lebih bercahaya. Cara penggunaannya juga sangat mudah, pertama Anda ambil setengah buah mentimun lalu bersihkan dari kulitnya. Selanjutnya, tambahkan susu tanpa lemak dan yougurt masing-masing sebanyak satu sendok. Blender semua bahan tadi sampai halus dan oleskan pada kulit wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.

9. Chamomile

Umumnya Chamomile dibuat menjadi teh. Tapi ternyata, bunga chamomile ini bisa digunakan untuk mempercantik dan mencerahkan kulit wajah. Tak hanya itu, bahan herbal ini juga berfungsi untuk mengatasi mata panda yang mengganggu penampilan. Caranya, Anda celupkan satu kantong teh chamomile ke air panas lalu biarkan hingga dingin. Selanjutnya, letakkan kantong teh yang sudah dingin tadi pada bagian wajah.

10. Lidah Buaya

Bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit adalah lidah buaya. Tanaman ini mengandung aloesin yang mampu menghambat proses pembentukan melanin. Dimana melanin inilah yang menyebabkan warna gelap pada kulit. Caranya, Anda pisahkan lidah kulit lidah buaya dari gelnya. Lalu balurkan gel lidah buaya pada kulit wajah secara langsung. Biarkan selama 15 menit dan bersihkan.

11. Madu

Madu dikenal sebagai bahan alami yang sangat bagus untuk merawat wajah secara alami. Pasalnya, madu mengandung antibiotik alami dan pelembab yang mampu mengangkat sel kulit mati sekaligus mencerahkan. Bahkan, madu juga bermanfaat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, mencegah dan mengobati jerawat. Caranya, Anda cukup mengoleskan madu pada wajah secara menyeluruh.  Dan didiamkan selama kurang lebih 15 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat.

Artikel lainnya : Cara membersihkan muka ala pakar kecantikan

Bahan-bahan alami di atas sangat mudah diperoleh bukan? Demikian ulasan terkait 11 cara merawat wajah secara alami, semoga bermanfaat untuk Anda.

Beri Nilai Artikel

Tags: