Migrain – Tips Pengobatan dan Pencegahan

Beranda SehatMigrain adalah sakit kepala berdenyut yang keras, biasanya di satu sisi kepala dan sering kali dibelakang mata atau pelipis. Anda merasa mual dan muntah, sensitif dengan sinar terang dan suara keras. Migrain dapat berlangsung beberapa jam hingga 3 hari, tak tertahankan hingga sulit mengerjakan aktivitas harian. ( Baca juga : Cara Mengobati Sinusitis )

Sebelum serangan, beberapa orang mendapat gejala fisik peringatan ( dikenal sebagai aura ), seperti gangguan penglihatan dan perubahan dalam rasa juga bau. Faktor pemicu migrain termasuk stres, perubahan rutinitas tidur, makanan dan minuman tertentu, dan wanita dengan level hormon yang fluktuatif.

Cara berikut ini dapat membantu Anda mengurangi gejala yang ditimbulkan dari serangan migrain.

  • Gunakan penghilang nyeri sementara pada awal serangan ( beberapa penghilang nyeri seperti para*setamol,ibup*rofen yang sebaiknya diberikan pada awal serangan migrain), dan bila Anda sakit atau muntah gunakan obat migrain ( termasuk penghilang nyeri dan antimual dalam satu tablet, atau minum tablet prochlo*pera*zine, untuk mengurangi mual dan muntah.
  • Jika mungkin, berbaringlah dalam ruangan gelap, sepi dengan bantal untuk menopang kepala Anda. Coba untuk tidur.
  • Minum air sepanjang hari, khususnya jika Anda muntah.
  • Gunakan kaca mata hitam jika berada di luar di hari yang terik.

Tips Mencegah Serangan Migrain

Mencegah serangan migrain bertujuan untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain, untuk itu coba hal-hal berikut ini

Catat di diary selama beberapa minggu, kapan Anda migrain dan kemungkinan faktor pemicunya. Minum terlalu banyak kafe*in atau menguranginya secara mendadak dapat menyebabkan migrain.

Jika faktornya adalah stress, coba kurangi stress Anda ( Baca : Mengenal stres, tips dan pencegahannya )

Makan teratur dan minum air 6-8 gelas sehari.

Pertahankan pola tidur tetap.

Minum herbal fever*few untuk mencegah serangan migrain ( fever*few [ tanacetum parthenium ] merupakan herbal yang ditemukan beberapa orang yang berkhasiat mengurangi frekuensi dan keparahan dari migrain, tapi jangan gunakan pada ibu hamil, dan hindari jika Anda minum obat pengencer darah seperti warf*arin atau anti depresan )