Ini Cara Menerapkan New Normal Saat Pandemi Masih Ada

Cara menerapkan New Normal menjadi protokol penting yang wajib diketahui oleh seluruh warga Indonesia sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari setelah masa di rumah saja berakhir.

penerapan new normal

Hal ini sesuai dengan himbauan pemerintah kepada masyarakat untuk bersiap menghadapi fase kebiasaan baru dalam rangka menjalankan kehidupan secara normal. Meski demikian, seluruh lapisan masyarakat harus mematuhi langkah-langkah kesehatan sebagai upaya pencegahan terjadinya penularan virus Covid-19.

Cara Menerapkan New Normal

Adapun beberapa hal yang penting diperhatikan sebagai cara dalam menerapkan kebiasaan baru di tengah pandemi yang masih ada yakni sebagai berikut.

1. Tata Cara Sebelum Keluar Rumah Dan Setelah Kembali Ke Rumah

Aktivitas pada fase New Normal akan membuat siapa saja dapat keluar masuk rumah tanpa adanya pembatasan sosial pada waktu-waktu tertentu, sehingga setiap orang harus menerapkan langkah-langkah pencegahan. Pastikan sebelum keluar rumah Anda dalam keadaan sehat atau tidak sedang sakit. Gunakan masker dan bawalah hand sanitizer. Jika diperlukan, Anda juga dapat membawa sabun untuk mencuci tangan di luar rumah.

Setelah kembali ke rumah hal yang perlu dilakukan adalah melepas alas kaki, menyemprotkan desinfektan pada alas kaki lalu mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Setelah itu, lepaskan pakaian yang telah digunakan dan letakkan pada wadah tertutup atau cuci seketika itu.

Kemudian mandi dan gunakan pakaian bersih sebelum berkumpul dengan keluarga. Selain itu, penting juga untuk menyemprotkan desinfektan pada peralatan yang Anda bawa keluar rumah seperti ponsel dan tas Anda.

2. Tata Cara Saat Menggunakan Transportasi Umum

Saat harus bepergian dan menggunakan alat transportasi umum, pastikan Anda selalu membawa hand sanitizer dan menggunakannya setelah memegang benda sekitar. Meski demikian, usahakan semaksimal mungkin untuk tidak menyentuh objek benda apapun di sekitar Anda kecuali dalam keadaan darurat.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk membawa air minum sendiri dan meminumnya sesering mungkin untuk menghindari dehidrasi yang dapat menurunkan sistem imun. Kemudian hal paling penting yang harus dilakukan adalah dengan menjaga jarak aman dan menghindari interaksi dengan orang lain.

3. Tata Cara Selama Bekerja Di Kantor

Diberlakukannya kegiatan dengan kebiasaan normal yang baru akan membuat Anda harus pergi bekerja dengan tata cara yang sedikit berbeda. Penting bagi setiap pekerja untuk selalu mematuhi physical distancing selama melakukan aktivitas kerja. Baik dalam kegiatan kerja di dalam ruangan maupun saat dilaksanakannya rapat, seluruh pekerja harus menjaga jarak minimal satu meter dengan pekerja yang lain.

Termasuk dalam kegiatan lain seperti makan siang yang harus dilakukan dengan jarak berjauhan. Kemudian jika Anda mengalami gejala sakit, segera untuk melapor dan meminta izin agar dapat beristirahat di rumah atau mendapat perawatan pada faskes kesehatan. Jika memungkinkan bekerjalah di rumah untuk sementara waktu hingga kondisi benar-benar pulih kembali.

4. Tata Cara Ketika Berbelanja

Ketika pergi berbelanja, kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan banyak orang dalam satu lokasi. Hal ini tentu sangat rentan dengan terjadinya penularan virus. Oleh sebab itu, agar dapat melakukan kegiatan belanja dengan aman maka semua pengunjung pasar atau pusat perbelanjaan harus mematuhi protokol kesehatan yang digalakkan selama New Normal berlangsung, yakni dengan selalu menggunakan masker dan menjaga jarak fisik dengan orang lain.

Selain itu, hindari diri agar tidak menyentuh barang-barang apapun yang berada di toko atau pusat perbelanjaan jika memang tidak perlu. Apabila harus mengambil suatu barang, maka pastikan Anda tidak menyelinginya dengan menyentuh barang pribadi seperti ponsel dan ransel.

Kemudian segera gunakan hand sanitizer setelah menyentuh barang-barang tersebut. Selesaikan kegiatan belanja Anda dengan cepat dan efisien tanpa berlama-lama di dalam toko atau pusat perbelanjaan. Pilihlah metode pembayaran non tunai untuk menghindari penyebaran virus melalui tunai.

5. Tata Cara Saat Belanja Online

Bertransaksi secara online menjadi pilihan yang yang banyak mendominasi ketika keadaan pandemi bahkan setelah New Normal diberlakukan. Meski lebih minim resiko penularan virus, namun Anda tetap harus berhati-hati dan menerapkan cara yang benar. Hal ini karena Anda akan tetap melakukan kontak dengan bagian ekspedisi yaitu kurir. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengenakan masker setiap kali menerima atau mengirim barang melalui kurir. Upayakan untuk membayar biaya pengiriman atau transaksi secara non tunai.

Sediakan tempat khusus bagi barang pesanan agar Anda tidak harus melakukan kontak langsung dengan kurir. Anda dapat menyemprotkan desinfektan pada barang-barang non makanan agar lebih aman dari virus. Namun jika barang yang dibeli secara online adalah makanan, maka Anda cukup membuang bungkus luarnya dan memindahkan makanan ke dalam piring. Setelah membuka paket barang atau bungkus makanan, segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir hingga bersih.
Demikian informasi mengenai cara menerapkan New Normal saat pandemi masih ada. Rangkaian protokol kesehatan tersebut sudah sepatutnya dilaksanakan sebagai tanggung jawab bersama demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Tinggalkan komentar

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)