Normalnya, Kapan Anak Mulai Bicara?

BerandaSehat.Com – Bicara adalah salah satu cara berkomunikasi antarmanusia dengan memaksimalkan kemampuan berbahasa yang diucapkan oleh mulut mereka. Proses terbentuknya bunyi ini, yang kemudian dikenal dengan kemampuan berbicara ini umumnya sudah dimulai sejak usia bayi sampai anak-anak. Sedangkan perkembangan pembicaraan akan terus diasah dengan berbagai ilmu dan pengetahuan yang berarti bertambahnya kosakata. Pembicaraan manusia di dunia kemudian dibagi menjadi beberapa bahasa yang dimengerti oleh sekelompok tertentu. Namun, ada beberapa bahasa dengan pengguna cukup besar yang akhirnya dijadikan sebagai bahasa internasional seperti bahasa inggris.

Kapan Anak Mulai Bicara?

Sejak bayi, sebenarnya manusia telah diberi kemampuan oleh Yang Maha Kuasa untuk mengeluarkan bunyi. Suara yang dikeluarkan oleh bayi tanpa tangisan dan ocehan yang belum memiliki arti. Saat bayi telah berusia 6 bulan biasanya sudah mulai mengucapkan kata-kata yang sering didengarnya, misalnya kata ma, pa, ba, dan sejenisnya dengan hitungan satu suku kata saja. Semakin bertambahnya usia anak maka kemampuan untuk mengucap kata semakin bertambah. Saat anak usia 1 tahun biasanya telah mampu memanggil orangtua atau kata lain yang bermakna, seperti papa, mama, baba, dan sejenisnya. Saat usia 2 tahun biasanya anak telah bisa berbicara dua kata, seperti mau mama, minum susu, dan sejenisnya. Selanjutnya proses pembicaraan anak berkembang sesuai dengan kematangan fisik dan pengaruh lingkungan disekitar. Semakin si anak sehat dan di sekelilingnya sering terdengar berbagai pembicaraan orang lain maka semakin pandailah si anak berbicara.

Bagaimana Jika Si Kecil Tak Kunjung Berbicara?

Jika dalam usia 6 bulan anak tak juga mengeluarkan ocehan dalam satu suku kata, orangtua perlu terus melakukan stimulasi dengan mengajaknya berbincang, mendengarkan lagu, atau bermain bersama. Jika si kecil tak kunjung merespons stimulasi yang diberikans ampai usia lebih dari satu tahun, maka sebaiknya orangtua memeriksakan ke dokter. Jika secara fisik mereka sehat maka kemudian orangtua perlu membawa mereka menemui psikolog atau psikiater. Bisa saja keterlambatan bicara adalah satu hal yang wajar karena kurangnya stimulasi dan bisa pula diperlukan terapi khusus agar si anak bisa berkembang sesuai usia.

Bagaimana Mengajarkan Anak Berbicara Yang Baik?

Berbicara sudah bisa, tetapi ternyata yang dibicarakan anak persis dengan sinetron TV. Tugas orangtua untuk mengajak anak berbincang dengan bahasa yang sopan, baik dan ssesuai dengan norma keluarga dan masyarakat. Pembiasaan tersebut berdampak terhadap cara berbicara anak sampai kelak mereka dewasa.