Obat Pencegah Penyakit Batuk Pada Anak

Beranda Sehat– Masyarakat atau siapa saja pada suatu saat pasti pernah di serang penyakit batuk, pilek atau demam. Yang paling sering biasanya adalah anak-anak. Sebagian besar penderita batuk tergolong batuk pilek biasa. Batuk ini sendiri bisa berupa gejala dari infeksi saluran pernapasan bagian atas atau infeksi saluran napas bagian bawah. Batuk juga bisa di sebabkan oleh keadaan non infeksi seperti asma, atau menghirup asap.

Selain itu ada juga batuk pilek yang tentu saja ada perbedaannya penyakit batuk yang serius dan tidak. Batuk yang serius yaitu penyakit pneumonia. Penderita pneumonia di samping batuk juga akan mempunyai gejala napas cepat atau sesak napas. Napas sesak ini disebabkan karena danya tarikan dinding dada bagian bawah. Penderita asma biasanya disertai bunyi napas keluar.

Batuk sebenarnya terjadi karena reaksi tubuh untuk mengeluarkan dahak dari jalan napas. Dianjurkan, sebaiknya orangtua atau petugas kesehatan memberikan obat penekan batuk. Batuk kadang-kadang bisa menimbulkan muntah. Perlu di waspadai batuk pada anak yaitu batuk asma, batuk pertusis, dan pneumonia.

Obat Batuk Yang Kurang Baik

Ada beberapa obat batuk yang kurang baik di berikan pada anak-anak misalnya :
Obat penekan batuk yang bekerja secara sentral seperti  co**dein, dex*trome*thorphan.
Tetes atau semprot hidung yang mengandung obat simpatomimetik. Pemberian obat simpatomimetik memberikan efek samping. Seperti kongesti mukosa hidung pada waktu minum obat dihentikan.
Balsem mengandung mentol dan kam*fer tidak boleh dioleskan ke lubang hidung.
Antiseptik atau anestetik topikal, ini biasanya diberikan untuk mengurangi gejala sakit tenggorokan. Biasanya dalam bentuk tabler hisap, aerolsol, atau cairan solution. Dosis antiseptik yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping, dan juga tablet hisap tidak boleh diberikan pada anak kecil karena bisa kesedak.

Cara Mencegah Batuk Pada Anak

Ada beberapa obat yang bisa menyembuhkan batuk pada anak-anak. Misalnya :
Simple Linctus, obat yang dapat meringankan batuk dan sakit tenggorokan. Obat ini membentuk lapisan pada bagian belakang tenggorokan yang bisa mengurangi iritasi batuk.
Obat glycerol guai**colate tidak berbahaya, walaupun belum dibuktikan dapat membersihkan dahak. Secara teoritis ekspektoran dapat menstimulasi produksi mucus yang membuat dahak menjadi lebih encer dengan demikian mudah dibatukkan keluar.
Cairan peroral mungkin dapat mengencerkan dahak yang kental.
Tetes hidung dengan garam fisiologis dapat melunakkan lendir hidung.
Parace**tamol dapat menurunkan demam dan rasa sakit, obat tradisional juga dapat meringankan batuk.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *