Inilah 9 Obat Penumbuh Rambut Murni dari Bahan Alami

https://berandasehat.com – Rambut rontok yang berlebih hingga menyebabkan kebotakan merupakan masalah yang akan sangat mengganggu penampilan Anda karena hal ini akan membuat seseorang menjadi sangat tidak percaya diri. Apabila Anda menghadapi masalah seperti ini dan takut menggunakan obat penumbuh rambut kimia yang memiliki efek samping, berikut ini ada beberapa bahan alami yang bisa Anda coba buat di rumah. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut.

Obat Penumbuh Rambut

Obat Penumbuh Rambut dari Bahan Alami

1. Minyak Urang aring
Obat penumbuh rambut berbahan alami yang bisa dibuat adalah ramuan berbahan utama urang aring. Pada beberapa jenis shampo Anda pasti pernah menemukan diantaranya yang menggunakan ekstrak urang aring sebagai bahan utamanya. Ya, kandungan zat dalam urang aring berkhasiat untuk menghitamkan rambut. Ternyata tanaman urang aring tidak hanya bisa menghitamkan rambut, namun juga membantu proses pertumbuhan rambut.

Apabila Anda sulit menemukan tanaman urang aring di sekitar Anda, Anda bisa membeli minyak urang aring di pasar. Penggunaan minyak urang aring untuk menumbuhkan rambut cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengoleskan minyak urang aring di area kepala sambil dipijat-pijat sebentar. Perawatan ini dapat Anda lakukan setiap selesai mandi dan menjelang tidur.

2. Lidah buaya
Selain bermanfaat bagi organ tubuh dan kulit, lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang baik untuk merawat rambut dan kulit kepala. Tanaman yang disebut juga dengan aloe vera ini bermanfaat untuk mempercepat tumbuhnya rambut baru. Hal ini karena adanya kandungan vitamin E serta berbagai mineral lainnya dalam lidah buaya.

Bagian yang akan dimanfaatkan untuk perawatan rambut adalah bagian gel lidah buaya yang berwarna putih bening. Gel yang diambil dari daun lidah buaya segar dioleskan ke seluruh kulit kepala setiap selesai keramas. Setelah dioleskan secara merata, rambut beserta kulit kepala kemudian dibuntal menggunakan handuk. Setelah didiamkan 3-40 menit, rambut dibilas menggunakan air hingga bersih. Perawatan rambut ini bisa Anda lakukan seperti keramas, yaitu 2 hari sekali.

baca juga : Vitamin Rambut Yang Bagus Apa Ya?

3. Minyak Kemiri
Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat penumbuh rambut adalah minyak kemiri. Khasiat minyak kemiri tidak kalah bagusnya dengan minyak zaitun. Minyak kemiri yang dioleskan pada rambut tidak hanya membantu menutrisi pertumbuhan rambut baru namun juga membantu menjaga kelembapan rambut agar tidak kering serta membuatnya terlihat lebih berkilau.

Untuk mendapatkan manfaat dari minyak kemiri, Anda bisa menggunakannya dengan cara mengoles-oleskan minyak kemiri secara merata ke seluruh bagian kulit kepala. Setelah seluruh bagian rambut diolesi minyak kemiri secara merata, Anda bisa memijat-mijat kulit kepala dengan lembut perlahan. Anda kemudian bisa mendiamkannya selama 30 menit. Terakhir, Anda bisa membilasnya hingga bersih.

4. Minyak Zaitun
Bahan herbal lainnya yang bisa digunakan sebagai obat penumbuh rambut adalah minyak zaitun. Di negara Arab, minyak zaitun merupakan rempah serba guna. Di Indonesia, orang-orang zaman dahulu menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi kerontokan rambut serta mempercepat pertumbuhan rambut. Kebiasaan tersebut masih berlangsung hingga saat ini.

Untuk mendapatkan manfaat dari minyak zaitun, Anda harus menyediakan minyak zaitun secukupnya. Kemudian, minyak zaitun dioleskan ke bagian kulit kepala. Anda kemudian bisa membungkus kulit kepala dengan handuk dan mendiamkannya selama 30 menit agar minyak rambut dapat meresap melalui pori-pori kulit kepala. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air. Anda cukup melakukan perawatan ini 1 kali sehari sehabis mandi.

Baca juga : 7 Cara Meluruskan Rambut Yang Awet dan tahan Lama

5. Kuning telur
Jika di dapur Anda masih ada persediaan telur, Anda bisa membuatnya menjadi vitamin alami untuk menumbuhkan rambut. Selain mampu membantu menumbuhkan rambut, kuning telur juga berkhasiat untuk membuat rambut terlihat lurus serta menutrisi dari dalam. Hal ini karena adanya kandungan protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh rambut.

Untuk mendapatkan manfaat dari telur untuk rambut, Anda perlu menyiapkan kuning telur dari 1 butir telur ayam. Kuning telur tersebut dikocok hingga mengembang. Kuning telur yang telah mengembang tersebut kemudian dioleskan pada bagian kepala yang botak atau tipis rambutnya. Kemudian, Anda perlu mendiamkannya selama 20 menit. Berikutnya, Anda bisa keramas untuk menghilangkan bau amis telur. Perawatan dengan kuning telur ini bisa Anda lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

6. Minyak Kelapa
Obat penumbuh rambut berbahan alami yang juga bisa Anda coba adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa yang mengandung vitamin E dan banyak mineral bermanfaat untuk membantu mengatasi kebotakan ringan. Selain itu, rambut baru yang tumbuh juga akan terlihat hitam dengan nutrisi minyak kelapa. Untuk melakukan perawatan dengan minyak kelapa, Anda cukup menggunakannya seperti saat Anda mengoleskan conditioner dan vitamin rambut. Saat semua bagian kulit kepala diolesi minyak kelapa, Anda perlu mendiamkannya selama 1 jam. Terakhir, Anda bisa membilasnya hingga bersih dengan air.

Apabila tidak ada minyak kelapa, Anda bisa menggunakan santan kelapa. Santan kelapa yang mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium, dan lainnya dapat membantu menjaga kesuburan rambut sehingga pertumbuhan rambut lebih optimal. Santan yang telah Anda siapkan hanya perlu dioleskan ke seluruh bagian kulit kepala dan didiamkan selama 30 menit. Perawatan ini bisa Anda lakukan 3-4 kali dalam seminggu.

7. Kulit Apel
Obat penumbuh rambut dari bahan tradisional berikutnya adalah kulit apel. Seperti yang kita tahu, apel merupakan buah yang kaya akan antioksidan. Selain dibutuhkan tubuh, antioksidan dalam apel juga dibutuhkan oleh jaringan rambut dan kulit kepala. Antioksidan yang terserap ke jaringan rambut dan folikel akan membuat sirkulasi darah di kulit kepala juga lancar sehingga aliran nutrisi untuk pertumbuhan rambut juga menjadi lancar . Anda hanya perlu mengambil bagian terluar dari buah apel yaitu kulit apel untuk menutrisi rambut. Kulit apel yang masih segar dihaluskan dan dicampur minyak zaitun hingga terlihat encer. Campuran kedua bahan tersebut kemudian dioleskan pada rambut sambil dipijat sekitar 15 detik. Setelah 15 menit, Anda bisa membilasnya dengan air bersih. Kebiasaan ini bisa dilakukan hingga lebih dari 4 kali seminggu.

8. Teh hijau
Obat penumbuh rambut dari bahan alami yang juga perlu Anda ketahui adalah teh hijau. teh hijau telah dipercaya mengandung antioksidan lebih banyak dibandingkan teh biasa. Untuk menggunakan teh hijau sebagai obat alami rambut, Anda bisa membuat seduhan teh hijau tanpa tambahan gula . Selanjutnya, Anda hanya perlu mengoleskan dan membiarkan selama 20menitan. Anda bisa  membungkus bagian kepala dengan handuk Terakhir, Anda hanya perlu membilasnya dengan air.

9. Daun Seledri
Daun seledri merupakan bahan yang mudah ditemukan di dapur. Untuk membuat ramuan alami rambut, Anda bisa mengambil 10 batang seledri yang sudah dicuci bersih. Setelah dipotong, daun seledri diblender bersama dengan telur. Campuran tersebut dioles dan dipijat-pijatkan pada rambut. Lalu, rambut dikeramasi menggunakan shampoo.

Demikian beberapa jenis obat penumbuh rambut dari bahan-bahan alami yang bisa Anda buat sendiri. Selamat mencoba.