Oh Ternyata Ini Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

BerandaSehat.com – Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan Gigi dan Mulut tidak ada salahnya untuk diketahui. Sehingga Anda pun tidak perlu merasa was-was ketika mengonsumsinya. Begitu pula ketika buah hati begitu menyukai mengonsumsi permen karet. Anda tidak perlu mengkhawatirkan. Pasalnya ada beragam manfaat untuk kesehatan gigi dan mulut yang bisa diperoleh dengan mengunyah permen karet. Selama ini kesehatan gigi dan mulut memang banyak diinformasikan. Hal ini untuk mencegah timbulnya plak pada gigi. Selain itu juga mencega gigi mengalami karies atau kerowok atau rusak. Ketika gigi mengalami kerusakan bisa membuat bau mulut. Bahkan ada sebuah studi yang mengatakan bahwasanya penyakit gusi karena buruknya kebersihan mulut bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan Gigi dan Mulut berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Groningen, Belanda menyebutkan bahwasanya dalam sepotong permen karet bisa menghilangkan sekitar 100 juta bakteri ketika dikunyah sekitar 30 detik hingga 10 menit. Namun sebaiknya permen karet yang dikunyah tidak memiliki kandungan gula. Karena kandungan gula pada permen karet justru bisa menambah bakteri pada mulut. Mengunyah permen karet dikatakan mampu meningkatkan produksi air liur. Sehingga bisa membantu mengurangi bau mulut. Karena air liur ternyata memiliki kandungan antibakteri. Hal itu berarti ketika mengunyah permen karet membantu melawan bakteri pada rongga mulut.

Hanya saja meskipun mengunyah permen karet memberikan manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut namun bukan berarti bisa menggantikan kebiasaan sikat gigi dengan mengunyah permen karet. The American Dental Association mengingatkan bahwasanya menyikat gigi menggunakan pasta gigi minimal dua kali sehari tetap sangat dianjurkan.

Jadi bagaimana menurut Anda? setelah mengetahui manfaat dari mengunyah permen karet bagi kesehatan mulut dan gigi tentu lebih mudah untuk membuat keputusan. Apakah akan membatasi konsumsi permen karet atau tidak. Tidak ada salahnya mengonsumsi permen karet namun tetap perlu diperhatikan kandungan gula di dalamnya. Tidak ada salahnya mengonsultasikan dengan dokter gigi langganan Anda. Karena untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda dan keluarga selain rajin menyikat gigi juga tetap harus rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali. Selain itu konsultasi dengan dokter gigi tentu akan semakin meyakinkan Anda mengenai Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan Gigi dan Mulut.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •