PCOS Gangguan Hormonal Pada Wanita, Intip Yuk !

Hai bunda ! Istilah PCOS mungkin masih terdengar asing di telinga Anda, walaupun mungkin ada juga yang sudah mengetahuinya. PCOS itu apa sih? PCOS sebenarnya adalah istilah kedokteran untuk jenis penyakit yang berhubungan dengan hormone yang lazim terjadi pada wanita usia subur (WUS), dan untuk saat ini sepertinya topik ini lagi hangat-hangatnya di bicarakan forum-forum online dan di berbagai media lainnya, penasaran ya !

baca juga : Madu Subur MAX, Herbal Penyubur Reaksi Cepat

Kenali Penyakit PCOS

PCOS adalah singkatan dari Polycystic Ovary Syndrome atau gangguan yang terjadi berupa syndroma ovarium polikistik, apa itu? Dalam pengertian sederhana dapat di gambarkan sebagai sebuah kondisi terjadinya gangguan keseimbangan hormonal pada wanita usia subur, dimana kadar hormone estrogen dan progesteron tidak dalam jumlah yang seimbang (abnormal), sehingga kondisi demikian tentu saja akan membawa berbagai dampak kurang baik, seperti terjadinya gangguan kesuburan pada wanita.

Ciri khusus wanita yang terkena penyakit PCOS pada umumnya akan memiliki kista kecil yang terdapat pada ovarium yang akan berpengaruh terhadap volume ovarium sehingga cenderung semakin membesar. Kista itu sendiri termasuk jikan dan tidak berbahaya, namun tentu saja akan membawa pengaruh terhadap keseimbangan hormone dalam tubuh wanita. Konkretnya perubahan yang terjadi terhadap salah satu hormone akan berpengaruh signifikan terhadap hormon-hormon lainnya.

Nah, akibat langsung dari terganggunya keseimbangan hormone progesterone dan estrogen pada wanita yang menderita PCOS membuat siklus atau periode menstruasi menjadi tidak normal (tidak teratur), sehingga terjadilah gangguan kesuburan dan wanita yang menderita penyakit PCOS akan mengalami kesulitan untuk hamil dan memiliki anak.

Selain kondisi sulit hamil, beberapa gejala lain akan menyertai wanita yangs edang mengidap penyakit PCOS seperti pertumbuhan rambut yang berlebihan, jerawat berlebihan dan juga cenderung mengalami obesitas. Jika seseorang terdiagnosa PCOS sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut, dan segera ditangani dengan baik karena di khawatirkan akan memicu berbagai penyakit yang lebih serius, sebut saja diabetes mellitus tipe 2 ( baca juga: Obat Diabetes Alami dan Obat Herbal Diabetes Paling Ampuh) hingga risiko terkena penyakit jantung akan meningkat. Jadi semakin cepat di deteksi melalui pemeriksaan dokter dan cepat di obati maka prognosisnya pun akan semakin baik.

Penyebab Penyakit PCOS

Untuk penyebab pasti dari penyakit PCOS hingga saat ini belum diketahui, namun beberapa faktor dicurigai sebagai pemicu penyakit ini diantaranya faktor genetic, kelebihan insulin, peradangan dengan skala rendah.

Tanda & Gejala PCOS

Beberapa tanda dan gejala yang bisa dikenali dan menjadi pertimbagan apakah seseroang mengalami penyakit PCOS, sebelum di pastikan dengan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter, seperti :

Periode Menstruasi Tidak Teratur
Umumnya wanita yang terkena penyakit PCOS ini hanya memiliki 9 periode menstruasi setiap tahunnya, berbeda pada kondisi normal yakni 12 kali pertahun. Atau juga berupa kegagalan menstruasi yang berlangsung hingga 4 bulan atau lebih, sering juga periode haidnya lebih dari 35 hari.

Timbulnya Jerawat Berlebihan
Kelebihan produksi hormone androgen di dalam tubuh wanita akan membawa dampak lain dalam tubuh, seperti jerawat yang tumbuh berlebihan.

Baca juga : Cara mengempeskan jerawat

Pertumbuhan Rambut Berlebihan Pada Wajah dan Tubuh
Dalam kondisi normal, rambut halus pada wanita tidak terlihat begitu jelas, namun pada kondisi wanita yang menderita atau suspek PCOS akan terjadi pertumbuhan rambut yang signifikan pada wajah dan tubuh, sehingga penderita akan tampak seperti seorang laki-laki. Ini kemungkinan sebagai dampak gangguan hormonal yang di alami.

Berat Badan Berlebihan (Obesitas)
Percaya atau tidak bahwa kenaikan berat badan berlebihan juga bisa mengindikasikan seorang wanita mengalami syndrome ovarium polistik. Jika Anda mengalami masalah ini sebaiknya segera periksakan diri kedokter Anda.

Nah, Demikianlah informasi singkat tentang penyakit gangguan hormonal pada wanita yaitu PCOS, beserta tanda, gejala dan penyebabnya. Semoga bermanfaat

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *