Pencernaan Sehat untuk Otak Cerdas

BerandaSehat.com – Pencernaan Sehat untuk Otak Cerdas buah hati bisa jadi belum diketahui para orang tua. Bisa jadi belum banyak orang tua yang mengetahui bahwasanya pencernaan yang sehat akan berpengaruh terhadap kecerdasan otak buah hati. Setiap orang tua sudah pasti menginginkan anak-anak mereka sehat dan cerdas. Banyak faktor yang bisa mempengaruhinya. Pada dasarnya pertumbuhan otak anak memang hal yang perlu memperoleh perhatian. Terutama di awal-awal kehidupan buah hati. Enam tahun pertama anak-anak seringkali dikatakan sebagai masa-masa paling menentukan berhasil tidaknya tumbuh kembang jangka panjang buah hati Anda.

Lalu apa hubungannya dengan saluran pencernaan? Mengutip dari tempo.co berikut ini beberapa penjelasan mengenai kaitan Pencernaan Sehat untuk Otak Cerdas buah hati, yaitu :

Pertumbuhan otak optimal dimulai dengan menjaga saluran cerna. Hal ini disampaikan oleh Dr. Ahmad Suryawan, drSpA(k) bahwasanya menjajaga saluran pencernaan anak akan mempengaruhi tumbuhnya otak anak lebih optimal. Usia 0 hingga 6 tahun dikatakan sebagai golden moment atau masa kritis perkembangan otak anak-anak. Dimana pada usia 2 tahun anak-anak telah memiliki 80 persen otak sepertihalnya orang dewasa. Sedangkan usia 2 hingga 6 tahun telah memiliki setidaknya 95 persennya.

Saluran pencernaan sehat bisa berpengaruh terhadap kerja otak. Dan otak pun bisa memberikan sinyal kapada saluran pencernaan melalui mikrobiota usus. Alhasil saluran pencernaan tidak hanya menyimpan nutrisi saja. Antara otak dan saluran pencernaan terjadi komunikasi dua arah yang biasa disebut dengan gut brain axis. Hal ini dikatakan oleh pakar gizi medik dari Fakultas Kedokteran UI, Dr. Saptawati Bardosono, dr Msc. Menurutnya. ASI sangat berperan penting dalam menjaga saluran pencernaan buah hati. Karena ASI memiliki kandungan alami yang mampu menjaga daya tahan tubuh, memperkuat sel imun, mengandung serat pangan dan prebiotik yaitu lactobacillus reuteri yang mencegah anak-anak mengalami kembung, konstipasi, kolik, diare dan gangguan pencernaan lainnya. Baca Juga: Milna Bubur Bayi Organik, MPASI Terbaik Untuk Si Kecil

Stress dan tekanan dapat berpengaruh terhadap fungsi saluran cerna anak. Itulah mengapa saat anak-anak makan atau minum ASI sebaiknya dalam suasana menyenangkan. Saat anak-anak mengalami tekanan atau stress maka pola makan maupun saluran pencernaannya pun akan terganggu. Hal ini dikatakan psikolog anak dari Fakultas Psikologi UI, Rini Hildayati, Msi. Menurutnya otak dan saluran pencernaan berhubungan secara langsung. Sel-sel daya tahan tubuh setidaknya sebanyak 80 persennya berada dalam sel saluran pencernaan.

Nah, setelah membaca beberapa informasi mengenai kaitan Pencernaan Sehat untuk Otak Cerdas semoga bisa memberikan pengetahuan yang lebih baik untuk kesehatan dan kecerdasan maupun tumbuh kembang buah hati Anda.