Pentingkah Konsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral?

Berandasehat.com – Selama ini suplemen vitamin dan mineral seperti dianggap dewa untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Tetapi Pentingkah Konsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral? Apalagi jika dilakukan setiap hari. Melalui sebuah artikel di tempo.co menyebutkan sebaiknya konsumsi vitamin dan mineral dihentikan jika memang dalam keadaan tidak kekurangan vitamin dan mineral serta dalam keadaan sehat. Hal ini dikarenakan konsumsi suplemen tersebut dikatakan justru tidak bermanfaat. Bahkan dikatakan bisa menyebabkan terjadinya kasus-kasus kesehatan tertentu.

baca juga: Stimuno Untuk Balita, Suplemen Herbal Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Seorang ahli penyakit dalam, dr. Ari Fahrial Syam melalui tempo.co menyebutkan ada bukti secara klinis bahwa konsumsi multivitamin dan mineral pada kondisi badan yang sehat dan tidak kekurangan vitamin maupun mineral maka hal tersebut tidak ada gunanya. Suplemen multivitamin dan mineral yang dikonsumsi dikatakan tidak memiliki peranan untuk mencegah terjadinya penyakit kronis termasuk kanker dan jantung. Bahkan konsumsi suplemen secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan pada hati bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada hati sehingga harus dirawat di rumah sakit.

Serbuan Iklan di Media

Salah satu hal yang mendorong kebiasaan orang mengonsumsi suplemen vitamin selama ini dikatakan adanya serbuan iklan di media. Termasuk yang dipasarkan melalui jaringan Multi Level Marketing (MLM) secara offline maupun online.

Padahal konsumsi suplemen tersebut pada orang sehat, baik suplemen kimia maupun produk herbal berdasarkan penelitian tidak ada bukti klinis yang menyebutkan konsumsi tersebut mampu mencegah berbagai penyakit kronis seperti jantung koroner, kanker, dan lainnya. Justru konsumsi suplemen tertentu selain tidak bermanfaat malah bisa menyebabkan beberapa kasus pada kesehatan. Misalnya konsumsi suplemen vitamin E dan beta karoten yang berlebihan justru bisa menyebabkan kanker. Kemudian konsumsi vitamin D dan kalsium berlebihan bisa meningkatkan terjadinya batu ginjal.

Berarti tidak boleh mengonsumsi supelemen?

Tentu saja boleh tetapi bisa dikonsumsi saat tubuh memang memerlukannya. Misalnya saat berobat atau berkonsultasi dengan dokter ternyata dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen tertentu. Jika tidak, sebaiknya tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin maupun mineral tertentu. Tubuh memiliki isyarat atau tanda sendiri ketika memang memerlukan tambahan suplemen tertentu.

Selain itu dengan memaksimalkan konsumsi sayur dan buah serta melakukan olahraga maupun berjemur akan mampu memberikan asupan nutrisi vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Jadi Pentingkah Konsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral? Penting jika tubuh memang memerlukannya ­čÖé

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *