Pentingnya Gizi Seimbang untuk Ibu Hamil

Gizi Seimbang untuk ibu hamil diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Adanya berat badan yang cukup sebelum melahirkan mampu mengurangi terjadinya komplikasi selama kehamilan atau kelahiran.

Ibu hamil perlu memperhatikan kecukupan gizi janin yang dikandungnya karena akan berpengaruh terhadap pertumbuhannya. Jenis makanan yang dibutuhkan ibu hamil tentu berbeda-beda. Itulah sebabnya ibu hamil harus selalu dilakukan pengecekan terhadap kondisi kehamilannya.

Janin yang kurang gizi bisa terganggu pertumbuhannya. Selain itu janin tersebut tidak berkembang sesuai usia kehamilan. Bahkan jika pada saat masih dalam kandungan janin kekurangan gizi akan berpengaruh terhadap kesehatannya di saat tumbuh dewasa. Akan cenderung lebih mendekati penyakit diabetes, hipertensi, jantung, stroke dan lainnya.

Ada beberapa zat gizi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil, beberapa diantaranya yaitu :

1. Karbohidrat (Hidrat Arang)

Kebutuhan karbohidrat saat kehamilan jauh lebih besar dibandingkan kebutuhan harian. Karbohidrat memberikan pasokan energi utama yang berasal dari makanan pokok berbahan pati, roti, mi, bihun, jagung dan lainnya.

2. Protein

Protein akan membantu pembentukan sel tubuh, pengembangan jaringan, termasuk dengan pebentukan plasenta. Porsi lauk pauk sumber protein hewani ibu hamil harus lebih besar. makanan yang banyak mengandung protein hewani antara lain telur, ikan, daging, unggas, susu dan hasil olahannya. Sedangkan makanan kaya protein nabati adalah kacang-kacangan dan hasil olahannya terutama tempe, tahu, susu kedelai.

3. Lemak

Selain sebagai sumber energi lemak beserta zat gizi lain berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan janin. Untuk ibu hamil, lemak yang diperlukan terutama lemak tak jenuh ganda seperti omega 3 dan omega 6 misalnya minyak bunga matahari, minyak kedelai, dan minyak jagung. Sedangkan lemak yang mengandung omega 3 misalnya berbagai jenis ikan laut dalam seperti tongkol, cakalang, tengiri, lemuru, sarden dan salmon. Asam lemak omega 3 dan omega 6 penting untuk perkembangan dan fungsi saraf janin. Tentu saja konsumsinya juga tidak boleh berlebihan.

4. Vitamin dan Mineral

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral. Vitamin mempermudah berbagai proses yang terjadi dalam tubuh seperti pembelahan dan pembentukan sel baru. Mineral memiliki peran dalam berbagai tahap proses metabolisme dalam tubuh, termasuk pembentukan sel darah merah (zat besi) dalam pertumbuhan (yodium dan zat seng) serta pertubuhan tulang dan gigi (kalsium)

5. Air

Air merupakan zat gizi yang berperan sangat penting dalam tubuh. Sebagai bagian dari sistem transportasi tubuh. Air mengangkut zat gizi ke sel tubuh dan membawa sisa makanan ke luar tubuh. Ibu hamil membutuhkan air sekitar 3 liter per hari untuk meningkatkan volume darah dan janin

Nah, tentu bukan hal sulit untuk benar-benar mencukupi Gizi Seimbang untuk Ibu Hamil karena bahannya pun mudah untuk dikonsumsi sehari-hari. Baca juga : Apa Bahaya Obat-Obatan Pada Ibu Hamil ? Sebaiknya Anda tahu.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *