Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini

Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini (IMD) mungkin belum banyak yang mengetahuinya. IMD sendiri bisa dipahami keadaan dimana seorang bayi setelah lahir kemudian tali pusarnya dipotong dan dikeringkan badannya terutama kepalanya agar tidak merasa kedinginan. Selanjutnya bayi tersebut diletakkan di bagian bawah dada si ibu, sehingga bayi bisa aktif menyusu kepada ibunya dengan mencarinya sendiri. Bisa dikatakan IMD dilakukan agar bayi secara reflek bisa mencari air susunya. Minimal bayi tersebut diberikan waktu selama satu jam.IMD dikatakan bisa mendekatkan ibu dan anak secara emosional.

Kapan sebaiknya IMD dilakukan?

Penerapan yang paling tepat terhadap bayi yang baru lahir adalah setelah lahir bayi memperoleh IMD. Setelah itu bayi tersebut hanya mengkonsumsi makanan berupa ASI saja selama 6 bulan. Kemudian setelah 6 bulan dilanjutkan tetap diberikan ASI ditambah Makanan Pendamping ASI (MPASI). Pemberian ASI bisa dilakukan hingga bayi berusia 6 bulan atau hingga 2 tahun bahkan ada pula yang lebih.

Nah,apakah saat ini tengah mengandung buah hati Anda? ada baiknya Anda merencanakan melakukan IMD dan ASI eksklusif sehingga memberikan manfaat untuk Anda dan juga buah hati Anda.Jika perlu sampaikan pada dokter atau bidan yang selalu rutin memeriksa kehamilan Anda mengenai IMD.

Karena tidak setiap bidan, perawat atau Rumah Sakit menerapkan hal tersebut. Selain itu tidak banyak pula para ibu yang mengetahui hal tersebut. Padahal dengan melakukan IMD dan pemberian ASI eksklusif dengan penerapan yang baik dan benar maka hal tersebut dapat menurunkan angka kematian anak dan meningkatkan kualitas hidup si ibu.

Menyusui pada dasarnya merupakan hak dari bayi dan ibu. Manfaat menyusui tidak hanya untuk bayi tetapi juga untuk ibu. Sehingga apabila terdapat seseorang atau pihak-pihak yang berupaya menghalangi ibu maupun anak dalam melakukan gerakan IMD atau menyusui maka dapat ditindak secara pidana. Mengapa? Karena telah melakukan pelanggaran terhadap UU Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan serta melanggar UU Kesehatan Nomor 33 Tahun 2012.

Jika sudah mengetahui Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini , Anda tentu tidak akan mengabaikannya bukan? ( Baca juga : Hal-hal yang diperhatikan selama menyusui )