Penyakit Ruam Popok ? Siapa Takut

Cara menghilangkan ruam popokSahabat Beranda Sehat ! hampir semua bayi pernah mengalami gatal di daerah popok, benar bukan ? biasanya akibat urine dan tinja di popok. Membiarkan popok bayi basah atau kotor dalam waktu lama bisa menyebabkan gatal, apalagi saat menderita diare. Kadang kala bercak ini akibat makanan yang baru di makan bayi. Jika bayi gatal di daerah popok, area ini tampak merah dan luka sehingga bayi merasa tidak nyaman. Bercak ini bisa menyebar hingga selangkangan bayi, juga bisa berisi nanah dan meradang.

Jika bayi Anda mengalami masalah ruam popok, Anda tidak perlu panik, karena beberapa langkah berikut ini bisa Anda lakukan untuk mengobati gatal di daerah popok dan mencegah infeksi. Sebagian besar gatal di daerah popok akan menghilang dalam waktu 3-4 hari.

  • Seringlah mengganti popok bayi untuk mencegah infeksi kulit ( lihat teknik praktis ). Bayi yang baru lahir perlu diganti popoknya setiap habis disusui ( sekurangnya 6 kali setiap harinya ). Jika bayi  mengalami bercak kemerahan, gantilah lebih sering.
  • Jangan gunakan produk kulit atau tissue bayi berparfum, yang mengandung bahan yang membuat kulit kering. Jangan gunakan sabun yang bisa menghilangkan minyak alami dari kulit sehingga lebih rentan pecah-pecah.
  • Cuci popok kain dengan bubuk cuci yang non biologikal dan bilas bersih.
  • Jika bayi mulai makan berikan satu makanan baru dalam satu waktu untuk melihat apakah ini yang menyebabkan gatal.
  • Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter jika gatal belum juga hilang dalam waktu seminggu, seluruh daerah popok terkena atau kulit menjadi merah dan ada titik-titik berisi nanah.

Teknik Praktis mengganti Popok ( Terapkan rutinitas mengganti popok jika bayi gatal untuk menyembuhkan radang dan mencegah muncul kembali ) :

  • Saat mengganti popok, pertama bersihka tinja dengan tissue kering atau kapas, kemudian tuangkan atau semprotkan air hangat di area tadi kemudian usap kembali. Keringkan dengan handuk lembut.
  • Biarkan bayi menendang tanpa popok sekitar 10 menit agar kulitnya kena udara. Ini mencegah infeksi dari jamur yang berkembang di tempat gelap, lembab di tubuh.
  • Lindungi kulit bayi dengan mengusapkan krem , seperti krem zinc dan minyak kastor sebelum memakaikan popok baru.
  • Gunakan popok sekali pakai yang menarik kelembaban dari kulit bayi.

Demikian sahabat beranda sehat, masalah ruam popok dan cara mengatasinya. Semoga informasi diatas bisa membantu Anda terutama para ibu muda yang baru menjalani peran sebagi ibu dan orang tua.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?