Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda biasanya akan dicari tahu oleh seseorang yang merasa usia masih muda tetapi sudah mulai tumbuh uban atau rambut putih. Selama ini rambut beruban memang identik dengan usia yang sudah bertambah tua. Meskipun hal tersebut memang benar namun sebenarnya tidak selalu menjadi penyebab utama.

Warna rambut pada manusia sebenarnya sangat dipengaruhi oleh melanin. Melanin ini merupakan sebuah pigmen rambut yang dihasilkan oleh melanosit. Kandungan melanosit bisa ditemukan pada folikel rambut. Nah, folikel rambut bisa ditemukan di akar rambut. Rambut yang tumbuh memiliki akar rambut dengan struktur yang disebut-sebut mirip dengan tas kecil. Akar rambut juga membutuhkan waktu secara bertahap ketika tumbuh. Bahkan ada beberapa helai rambut yang membutuhkan waktu berisitirahat dan tidak tumbuh untuk beberapa waktu. Rambut yang berubah warna menjadi abu-abu atau putih biasanya memang terjadi karena faktor usia yang semakin bertambah. Inilah yang membuat kinerja melanin yang bertanggung jawab atas warna rambut mulai berkurang.

Itulah mengapa rambut putih identik dengan usia di atas 40 tahun. Namun tidak sedikit usia di bawah 40 tahun bahkan usia 20 tahun atau bahkan usia remaja pun bisa mengalami rambut beruban. Mengapa demikian? Ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap uban yang muncul di usia muda atau disebut sebagai canities atau uban prematur dalam sebutan medis.

Berikut ini beberapa Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda :

– Faktor Genetik. Usia 15 tahun sudah mulai tumbuh uban? Coba lihat orang tua, berapa usia sekarang dan sudah banyak uban atau belum. Perlu juga tanya sejak usia berapa mulai tumbuh uban, bagaimana dengan anggota keluarga lainnya. Mengapa hal demikian perlu ditanyakan? Karena salah satu penyebab utama memang karena faktor genetik. Inilah yang disebut dengan uban prematur. Meskipun sebenarnya hingga kini gen pembawa sifat uban yang tumbuh dini hingga kini belum ditemukan. Namun hal ini sudah dipercaya selama ini.

– Kondisi Kesehatan. Jika ternyata orang tua atau keluarga tidak ada yang memiliki uban di usia muda, tidak ada salahnya melakukan pengecekan terhadap kondisi medis atau kesehatan tubuh. Karena ada beberapa kondisi medis misalnya adanya hormon tiroid yang kurang seimbang, tubuh juga mengalami kekurangan vitamin B12 maupun mengalami anemia bisa membuat munculnya uban meskipun usia masih sangat muda.

– Stress. Salah satu penyebab munculnya uban banyak dalam usia dini bisa juga karena tingginya beban pikiran atau stress. Setiap orang tentu memiliki masalah yang membuat cemas, khawatir, was-was, tegang dan sebagainya. Hal ini juga bisa berpengaruh.

– Obat dan Rokok. Konsumsi obat tertentu juga disebut-sebut bisa membuat tumbuhnya uban. Salah satunya obat lithium. Selain itu perokok juga memiliki kecenderungan mengalami tumbuhnya uban secara dini.

Cara Mengatasi dan Mencegah Uban
Tumbuhya uban tentu sangat menjengkelkan apalagi jika usia masih muda. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Mungkin beberapa cara berikut bisa dicoba, yaitu :

1. Temukan penyebab rambut beruban. Cari tahu apa penyebabnya, bisa juga dengan melakukan pengecekan kesehatan secara menyeluruh.

2. Mengatur pola makan. Perbanyak makanan kaya zat besi, natrium dan tentu saja vitamin B dalam konsumsi sehari-hari. Selain itu juga perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayuran yang kaya antioksidan.

3. Merawat rambut. Tentu saja harus melakukan perawatan terhadap rambut. Mencuci rambut kemudian selama waktu tertentu melakukan pemijatan terhadap kulit kepala. Penggunaan bahan alami tentu lebih disarankan. Misalnya menggunakan minyak kelapa, cem-ceman dan sebagainya.

Semoga setelah mengetahui Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda dan beberapa cara untuk melakukan pencegah bisa memberikan informasi baru dan bermanfaat sehingga memiliki uban tidak akan menjadi masalah.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *