Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi

Berandasehat.com РKolesterol memang diperlukan untuk tubuh terutama kolesterol baik (HDL). Sedangkan kolesterol jahat (LDL) memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Sehingga jika memiliki kadar kolesterol LDL yang tinggi hanya akan membahayakan bagi tubuh. Penderita kolesterol tinggi akan memiliki risiko lebih tinggi pula terkena penyakit kardiovaskular dan stroke. Hal ini dikarenakan adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah tersebut membuat jantung lebih banyak memiliki kolesterol jahat dibandingkan kolesterol baik. Lalu apa saja penyebab utama kadar kolesterol tinggi? Mengetahui penyebab kolesterol tinggi memang bukan sumber utama bisa  mengobati penyakit tersebut. Namun setidaknya dengan mengetahui bisa membuat lebih berhati-hati sehingga bisa melakukan antisipasi.

Berikut ini beberapa penyebab utama kadar kolesterol tinggi antara lain :

1. Pola Makan yang tidak Sehat

Kolesterol pada dasarnya secara alami diproduksi oleh tubuh. Sebagian besar dihasil di organ hati. Sisanya berasal dari makanan yang dikonsumsi. Jika makanan yang dikonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung lemak jenuh tentu hanya akan meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Beberapa makanan tersebut misalnya daging, keju, kuning telur, mentega dan lainnya. Jika mengonsumsi makanan tersebut sebaiknya diimbangi dengan makanan kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan. Dan jika sudah didiagnosis kolesterol tinggi ada baiknya membatasi konsumsi makanan berlemak.

2. Faktor Keturunan

Jika memiliki anggota keluarga yang memiliki riwayat kadar kolesterol tinggi sebaiknya perlu waspada. Faktor keturunan ternyata memiliki pengaruh terhadap penyakit ini. Sebaiknya rutin memeriksakan diri setidaknya lima tahun sekali atau lebih sering.

3. Obesitas, Tidak banyak melakukan aktifitas dan malas berolahraga

Memiliki berat badan berlebih sebaiknya diimbangi dengan berbagai aktifitas fisik. Selain untuk menjaga kesehatan juga sebagai upaya menurunkan berat badan. Berat badan berlebih selalu dikatakan sebagai sumber penyakit. Selain itu kebiasaan malas, hanya berdiam diri, malas berolahraga juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Stress dan Kebiasaan Merokok serta Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Kebiasaan merokok bisa mengurangi kadar kolesterol baik dan justru meningkatkan kadar kolesterol jahat. Begitu pula dengan minuman beralkohol juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Ketika mengalami stress atau banyak pikiran orang yang memiliki kedua kebiasaan tersebut cenderung akan segera merokok, minum alkohol dan makan sembarangan.

Nah,jika sudah mengetahui penyebab utama kadar kolesterol tinggi tentu akan lebih mudah untuk mengontrol maupun menghindarinya sehingga tidak akan terkena dampak yang lebih buruk lagi.