Peran Fungsi Diklat dan Bimtek dalam Meningkatkan Kompetensi SDM

Seperti diktehaui bahwa pendidikan dan pelatihan (diklat) juga bimbingan teknis (bimtek), merupakan bagian dari pelatihan plus pengembangan ilmu, pengetahuan serta kompetensi dari sumber daya manusia (SDM) yang bisa dimanfaakan untuk memecahkan berbagai masalah yang di hadapi baik individu maupun instansi. Sehingga diharapkan setelah mengikuti bimtek atau diklat maka setiap individu maupun instansi tersebut baik swasta maupun lembaga pemerintah bisa memaksimalkan manfaat yang berorientasi kinerja.

Menghadapi fakta bahwa semakin tingginya tingkat kompetensi yang dibutuhkan, maka tentunya edukasi pelatihan pengembangan sumber daya insan ataupun bimtek sudah menjadi sebuah keperluan untuk individu, instansi, ataupun lembaga pemerintahan.

Berdasarkan hal tersebut, BKPSDM Kabupaten Buleleng telah menyelenggarakan pelatihan dan tuntunan teknis kepada sejumlah perwakilan sumber daya insan dari SKPD yang dicocokkan dengan keperluan dengan tujuan supaya setelah mengekor diklat maupun pelatihan maupun bimtek, ASN di Pemerintah Kabupaten Buleleng dapat menyerahkan kontribusi dalam penambahan kinerja. Adapun sejumlah contoh bimtek dan diklat yang telah diadakan yaitu bimtek perencanaan, bimtek PPHP, bimtek keprotokolan maupun diklat kepemimpinan. baca juga : Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri 100% Aktual Terpercaya – Full Review

Adapun maksud dan destinasi dilaksanakannya bimtek perencanaan ini merupakan untuk mewujudkan visi dan tujuan Kepala Daerah 5 tahun ke depan dalam masa jabatannya, untuk mengulas dan mengemban program ke dalam pekerjaan di setiap SKPD cocok dengan bidang tugas dan kegunaannya sebagai evaluasi kinerja atas capaian target yang dituangkan dalam renstra sampai-sampai diharapkan dapat mewujudkan pembangunan wilayah yang terintegrasi dengan baik secara menyeluruh.

Untuk bimtek PPHP yang mana diinginkan pejabat/petugas dapat mengetahui tentang tugas, wewenang dan tanggung jawab sebagai PPHP dan independensi PPHP dalam mengemban tugasnya sampai-sampai akan menghindari kerugian dampak pengadaan barang/jasa yang tidak cocok dengan spesifikasi yang sudah ditentukan.

Sedangkan pengamalan bimtek keprotokolan dimaksudkan untuk menyerahkan pemahaman tentang manajemen keprotokolan dan menyerahkan pelatihan pengembangan kepribadian untuk ASN sehingga dapat menjalankan tugas dan kegunaannya sebagai penyelenggara penyelenggara publik yang profesional. 

Oleh sebab tersebut , sangatlah butuh diadakannya pelatihan dan tuntunan teknis guna mencetak sumber daya insan yang mempunyai kompetensi dan produktivitas tinggi , sebab eksistensi birokrat yang baik sangat urgen dalam menyokong pembangunan bangsa. Seperti yang telah dilafalkan di atas, menilik bahwa paling dibutuhkannya sumber daya insan yang mempunyai kompetensi tinggi dalam sebuah lembaga, baik swasta maupun lembaga pemerintahan , maka peran pelatihan dan tuntunan teknis  dalam menambah kompetensi sangatlah diperlukan.

Beri Nilai Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *