Perlukah Mengurangi Aktifitas saat Berpuasa?

Berandasehat.com – Perlukah Mengurangi Aktifitas saat Berpuasa? Bagi sebagian orang mungkin pernah memikirkan hal tersebut. Hal ini tidak lain karena berubahnya jadwal makan sehingga dikhawatirkan akan membuat badan kekurangan energi. Namun sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Saat berpuasa berbagai aktifitas tetap bisa dilakukan termasuk olahraga. Hanya saja intensitas atau ukurannya saja yang mungkin disesuaikan sehingga tidak terlalu berat. Misalnya olahraga, tetap dilakukan namun frekuensinya dikurangi dan memerlukan pemilihan waktu maupun tempat yang tepat. Olahraga saat puasa bisa dilakukan pada pagi hari tetapi lebih baik jika dilakukan sebelum berbuka karena energi yang terbuang akan segera digantikan.

Perlukah Mengurangi Aktifitas saat Berpuasa? Jawabannya adalah tidak perlu. Anda tetap bisa bekerja seperti biasa. Untuk mendukungnya, perlu mengonsumsi makanan yang tepat sehingga tubuh pun memiliki cadangan energi yang cukup. Mengapa aktifitas perlu tetap dilakukan. Hal ini tidak lain karena, saat berpuasa bukan hanya lemak yang akan berkurang tetap otot tubuh pun bisa berkurang masanya. Itulah sebabnya tetap perlu beraktifitas sehinga masa otot tetap terbentuk.

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar lancar beraktifitas meskipun sedang berpuasa, diantaranya :

1. Memperhatikan pola makan. Saat sahur maupun berbuka, perlu memprioritaskan banyak minum air putih, konsumsi sayuran dan buah-buahan. Pastikan kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, serat, dan mineral yang diperlukan tubuh benar-benar terpenuhi. Air putih yang dikonsumsi sebaiknya sebanyak yang bisa dilakukan.

2. Tidak berlebihan mengonsumsi gula atau makanan dan minuman manis. Gula juga bisa dikonsumsi, namun jangan berlebihan. Misalnya mengonsumsi makanan atau minuman manis saat berbuka saja. Saat sahur sebaiknya tidak mengonsumsi makanan atau minuman manis. Jika memang merasa telah mengonsumsi makanan maupun minuman yang manis, ada baiknya diimbangi dengan banyak minum air putih.

3. Saat berbuka puasa sebaiknya mengonsumsi minuman hangat bukan air dingin atau es. Karena konsumsi es atau air dingin tidak baik untuk lambung. Konsumsi air hangat lebih tepat karena sesuai dengan kondisi tubuh. Jika mengonsumsi es atau air dingin meskipun menyegarkan namun lambung bisa jadi akan kaget dan tidak nyaman karena sebelumnya lambung dalam kondisi kosong.

4. Imbangi dengan istirahat yang cukup. Pasalnya saat puasa, jam tidur pun akan berubah. Belum lagi jika memiliki kebiasaan menonton pertandingan bola, maka perlu diperhatikan jam istirahat. Karena jika keesokan harinya harus bekerja, jika kurang tidur tentu akan berakibat pada menurunnya kualitas aktifitas yang dilakukan.

Perlukah Mengurangi Aktifitas saat Berpuasa? tidak perlu karena Anda tetap bisa beraktifitas seperti biasa dengan mengimbanginya melalui konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup dan konsumsi banyak air putih.