BUMN Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan – Tentunya Anda sepakat jika BBM yang di produksi BUMN ini benar-benar bagus, mempunyai standar mutu internasional, serta sangat ramah dengan lingkungan, benar bukan? Bukan hanya produk BBM-nya akan tetapi semua hasil produksi yang dikeluarkan oleh pertamina memiliki kualitas yang mumpuni dan tentu saja akan sangat membantu dan memuaskan konsumen atau penggunanya. Perkembangan PT Pertamina Persero terbilang sangat pesat, bisa Anda lihat semua bahan bakar terdistribusi ke seluruh wilayah Indonesia, mulai dari SPBU yang besar, Mini SPBU hingga di tangan-tangan para pengecer di daerah-daerah terpencil, sehingga sudah barang tentu masyarakat akan dengan mudah menemukan BBM ini untuk kendaraan mereka.

Di era maju seperti sekarang ini, alat transportasi seperti kendaraan roda dua dan sebagainya bukan lagi dianggap sebagai barang mahal karena sudah merupakan suatu kebutuhan masyarakat, dengan demikian rata-rata masyarakat Indonesia baik di kota maupun di desa atau bahkan di wilayah yang masih terpencil memiliki kendaraan roda duah maupun roda empat. tantunya kendaraan-kendaraan tersebut akan bisa beroperasi dengan bantuan bahan bakar minyak atau BBM, benar bukan? Tanpa adanya BBM santa mustahil kendaraan tersebut bisa jalan dan dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana transportasi.

Nah, untuk itulah Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan hadir memenuhi kebutuhan BBM untuk operasional kendaraan motor maupun mobil yang memiliki kualitas terbaik serta ramah lingkungan. Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan merupakan tagline yang diusung dalam event Pertamina Blog Competition di google.co.id yang berlangsung dari  tanggal 14 November hingga 23 Desember 2016. Setidaknya ada 2 poin penting yang ingin disampaikan dalam event ini. Pertama, PT Pertamina merupakan perusahaan migas yang memiliki kualitas produk bahan bakar yang tidak usah diragukan lagi dan telah dipercaya mulai sejak awal berdirinya pada tahun 1975 hingga saat ini sebagai pemasok tunggal bahan bakar berkualitas di Indonesia. Kedua, BUMN Pertamina memastikan produk-produknya aman dan ramah lingkungan sehingga dengan menggunakan produk BBM-nya tidak akan membawa dampak atau efek yang kurang baik bagi lingkungan sekitar.

Baca juga : Dukungan Pertamina atas Keputusan Pemerintah Bekukan Sementara Keanggotaan di OPEC

Konsep Teknologi Ramah Lingkungan

Perlu Anda ketahui bahwa teknologi ramah lingkungan adalah sebuah konsep atau metode untuk mencapai tujuan tertentu, dimana dalam pelaksanaannya  harus berwawasan lingkungan atau mengutamakan dan memperhatikan kaidah-kadidah lingkungan. Nah, dari pengertian inilah yang menginspirasi lahirnya berbagai macam teknologi terapan yang mengedepankan aspek bersahabat dengan makhluk hidup di permukaan bumi maupun dengan lingkungan sekitarnya, Pertamina merupakan salah satu contoh perusahaan BUMN Negara yang mengedepankan aspek ramah lingkungan dari setiap produk-produk bahan bakar migas yang ada.

Nah, ada 6 prinsip konsep teknologi ramah lingkungan yang perlu Anda ketahui :

  • Refine, ini berarti bahan-bahan yang digunakan adalah bahan yang ramah lingkungan serta prosesnya harus lebih aman dari teknologi sebelumnya.
  • Reduce, yakni dengan mengurangi atau meminimalisir jumlah limbah dengan cara optimalisasi penggunaan bahan.
  • Reuse, menggunakan kembali bahan-bahan yang sudah tidak terpakai  (limbah ) yang di proses dengan cara yang berbeda.
  • Recycle, ini mirip dengan reuse, hanya saja recyle menggunakan bahan-bahan atau limbah tersebut melalui proses yang sama seperti sebelumnya.
  • Recovery, yakni memanfaatkan material tertentu dari limbah dan di proses untuk keperluan lainnya.
  • Retrieve Energy, dengan melakukan penghematan energi dalam suatu proses produksi

[alert-success]Pemerintah dan para pengusaha dalam melakukan usaha pertambangan minyak dan gas bumi pada saat eksplorasi hendaknya dapat mengendalikan aktivitas usahanya dengan menganalisis dampak lingkungan hidup tanpa mengakibatkan kerusakan lingkungan secara efektif dan efisien dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan sehingga dapat mewujudkan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yang berwawasan lingkungan, sehingga mampu menjamin tercapainya keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara manusia dan lingkungan hidup

Tanggung Jawab PT Pertamina Terhadap Aspek Lingkungan

Seperti sama-sama kita ketahui bahwa tugas Pertamina adalah mengelola sumberdaya alam minyak dan gas bumi serta cadangan bahan bakar lainnya, tentu semua itu memiliki risiko dan dampak negatif terhadap lingkungan dan pihak perusahaan migas ini menyadari betul kondisi tersebut. Oleh sebab itu, Perusahaan menempatkan aspek lingkungan hidup maupun lingkungan sosial sebagai rangkaian yang tak terpisahkan dari kegiatan operasional perusahaan. Sebagai langkah nyata perusahaan melengkapi semua kegiatan operasional dengan dokumen pengelolaan lingkungan yang sesuai dengan aturan dan ketentuan AMDAL.

PT juga menyadari betul bahwa emisi karbon yang berasal dari pemakaian bahan bakar untuk transportasi, pembangkit listrik, instrumen operasi dan lain sebagainya tentu akan membawa dampak bagi kerusakan lingkungan. Maka, dalam hal ini pihak perusahaan menjadikan hal ini sebagai fokus utama yang harus di cari solusinya secara berkesinambungan dan penuh tanggung jawab. Nah, untuk menjawab akan hal ini pertamina telah melakukan berbagai upaya dan langkah-langkah untuk meminimalisir emisi karbon sebagai berikut :

Revegetasi, merupakan program penanaman pohon yang tentu saja bersinergi dengan program 1 miliar pohon yang di canangkan pemerintah, program penanaman pohon ini dilakukan secara merata 1000 pohon di setiap lokasi sumur pemboran.

Kampanye Hemat Energi, dilakukan dnegan berbagai cara seperti mengkampanyekan budaya hemat listrik, kertas, air melalui pemasangan stiker pada obyek-obyek seperti di perkantoran.

Pemakaian Refrigator Non-CFC, Refrigerant hidrokarbon Musicool adalah salah satu produk unggulan yang mengusung dan mengedepankan aspek ramah lingkungan dan bebas CFC. Dengan menggunakan Misicool artinya perusahaan ikut memberikan kontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan, dan perusahaan secara regular dan aktif melakukan penggantian refrigerant musicool di seluruh cabang dan lapangan.

Pengurangan Gas Suar, Proses produksi terus diperbaiki agar gas suar dapat dikurangi, salah satu contoh lapangan yang berhasil mengurangi gas suar yaitu lapangan subang, selain itu lapangan Jambi juga berhasil menekan jumlah gas yang dibakar di PPP Kenali asam Jambi dnegan cara pemasangan lease compressor. Intrumen ini memiliki fungsi untuk menyerap gas yang dibuang melalui proses pembakaran atau flare untuk dimanfaatkan kembali sebagai bahan bakar genset di Power Plant.

Penggunaan Lampu Tenaga Surya, cara penghematan bahan bakar yang dilakukan dengan sumber energi tenaga surya sekitar 7.928 liter/tahun, dan juga mampu menurunkan emisi CO2 sebesar 20 ton CO2 pertahun di Pengumpul Tanjungsari Station

Pipanisasi, proses pengiriman minyak dari satu area ke area lain melalui pipa, dengan demikian akan mengurangi penggunaan truk tangki dan membawa dampak pengurangan bahan bakar sebanyak 148.856 pertahunnya. Implementasinya dapat dilihat dengan pemasangan pipa sepanjang 130 km di lapangan Subang.

Pemanfaatan CO2. Pelaksaaan kegiatan opreasional di subang dihadapkan dengan permasalahan tingginya kadar CO2 yang terkandung dalam gas yang diproduksi, salah satu upaya yang dilakukan perusahaan untuk mengatasi masalah tersebut dengan bekerjasama dengan PT Aneka Gad dan PT Samator dengan cara mengirimkan CO2 sebesar 8 MMSCFD agar bisa dimanfaat oleh kedua perusahaan tersebut.

Injeksi Air Terproduksi, khusus pada lapangan yang sudah tua biasanya menghadapi kendala tingginya air terproduksi, kondisi ini diatasi dengan cara pemanfaatan air terproduksi guna menjaga takanan di bawah permukaan, dengan demikian air terproduksi yang biasanya menghasilkan uap karbon dapat di kelola dengan baik.

Optimalisasi Operasi Pembangkit Listrik, Perusahaan juga terus melakukan optimalisasi pada pembangkit listrik yang berbahan bakar gas dan solar untuk mengurangi emisi gas karbon.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina telah hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia dan memberikan sumbangsihnya di sektor minyak dan gas ( MIGAS ) selama kurang lebih 59 tahun, sebuah prestasi yang membanggakan Indonesia. Pertamina adalah BUMN milik Negara yang bidang usahanya meliputi sektro energi, seperti gas serta energi baru dan terbarukan, dimana kegiatan bisnisnya di jalankan dengan menganut prinsip-prinsip tata kelola korporasi yang baik sehingga diharapkan dapat berdaya saing tinggi di era globalisasi

Bisnis yang di kembangkan oleh Pertamina dikenal dengan Bisnis sektor hulu dan bisnis sektor hilir. Nah, Bisnis sektor hulu ini meliputi kegiatan-kegiatan eksplorasi, produksi, serta transmisi minyak dan gas yang telah dilaksanakan di beberapa wilayah di tanah air kita Indonesia. Sebaliknya, bisnis sektor hulu mencakup beberapa kegiatan seperti bagian pengolahan minyak mentah, distribusi dan pemasaran profuk hasil minyak, gas, pertrokimia dan juga bisnis perkapalan yang erat kaitannya dengan proses distribusi produk-produk migas dari BUMN ini.

Jika kita flashback kebelakang, Pertamina awalnya lebih dikenal sebagai Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara sebagai BUMN ( badan usaha milik Negara ) yang memiliki tugas utama mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. Sebelumnya pihak Pertamina pernah memonopoli pendirian seluruh SPBU yang ada di Indonesia, hingga akhirnya di sepakati untuk di hapuskan dan ditiadakan sejak tahun 2001, jadi sejak saat itu SPBU tidak lagi oleh BUMN Negara ini. Lebih lanjut, perusahaan ini telah mengoperasikan 7 kilang minyak dengan total kapasitasnya mencapai 1.051,7 MBSD, Pabrik Petrokimia dengan total kapasitasnya hingga 1.507.950 ton per tahun dan juga pabrik LPG ( ELPIJI ) dengan kapasitas 102, 3 juta ton pertahun, mengagumkan bukan?

Pertamina Sebagai Penggerak Perekonomian Bangsa

Seperti sama-sama kita ketahui bahwa perusahaan Pertamina merupakan BUMN yang berfungsi sebagai penggerak perekonomian bangsa yang mampu membuat perekonomian di Indonesia kian menggeliat. Upaya-upaya inovatif terus dilakukan pihak manajemen  sebagai jawaban dari tuntutan dan globalisasi, salah satu bukti komitemennya yaitu dengan di  kembangkannya bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan dan mereka berharap kedepannya semua produk-produknya kualitasnya semakin mumpuni dan tentu saja selalu mengusung tagline “ Ramah Lingkungan “. Komitmen lain dari Pertamina yang terus dikembangkan secara konsisten yakni berupaya mencari alternative baru sebagai sumber cadangan sumber energi yang lebih efisien, berkesinambungan dan berwawasan lingkungan ( ramah lingkungan ). PT migas ini  juga memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi Pionir Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia yang tercatat di dalam visi dan misi perusahaan migas tersebut.

Bisnis dengan orientasi pelanggan merupakan komitmen perusahaan yang terus disempurnakan dan dikembangkan secara konsisten , untuk memberikan kepuasan kepada konsumen serta memberi nilai tambah bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan Negara kita.

Landasan kokoh dalam kiprahnya untuk mewujudkan visi misi dari perusahaan mengacu pada standar global best practice, dan 6 nilai-nilai korporat perusahaan yang dianut yang dikenal dengan 6 D yaitu Clean, Competitive, Confident, Costumer-focused, Commercial dan Capable.

Dalam menjalankan visi dan misi Pertamina tentu tidak melupakan unsur sosialnya, dimana perusahaan juga terus melakukan aksi-aksi dan program sosialnya sebagai perwujudan rasa peduli dan tanggung jawab perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia. Nah, guna mendukung visi tersebut, pihak perusahaan telah memiliki strategi jangka panjang yang dikenal “ Aggressive in Upstream, Profitable in Downstream “ artinya perusahaan berupaya terus melakukan ekspansi bisnis di sektor hulu dan menjadikan sektor hilir miga menjadi lebih efisien dan menguntungkan.

Guna mendukung keberhasilan kegiatan eksplorasi dan produksinya, Pertamina juga terus menekuni seputar jasa teknologi dan pengeboran, serta aktivitas lainnya seperti pengembangan energi panas bumi serta Coal Bed Methane (CBM ), dan dalam proses pengusahaan migas di dalam maupun di mancanegara beroperasi secara independen dan beberapa juga melalui pola kerja sama ( partners system ). sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pertamina_(Persero)

Tahukah Anda?

  • PT Pertamina merupakan perusahaan industri migas dan panas bumi terbesar di Indonesia yang sudah berkiprah lebih dari 50 tahun.
  • PT Pertamina merupakan BUMN yang menyumbangkan deviden terbesar di Indonesia sehingga menjadi lokomotif perekonomian di Indonesia.
  • BUMN Pertamina memiliki bisnis dari sektor hulu dan hilir yang saling terintegrasi, mulai dari proses eksplorasi, produksi, pengolahan, distribusi hingga pemasaran produk-produknya
  • PT Pertamina memiliki omitmen yang kuat dann bersungguh-sungguh untuk melaksanakan transformasi secara komprehensif dengan menganut aspirasi 6C (Clean,Confident, Competitive, Customer Focused, Commercial, Capable).
  • Program dan memberikan kesempatan seluas-luasnya dalam hal mengembangkan ide dan kreatifitas plus inovasi. Berperan aktif dalam peningkatan kualitas operasional, membangun sistem baru yang lebih baik hingga pada pengembangan bisnis. Pertamina juga selalu berupaya meningkatkan kemampuan dan menggali kesempatan seluas-luasnya untuk terus berbenahd an mengembangkan diri melalu tugas-tugas yang menantang.
  • PT Pertamina memberikan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi antara lain melanjutkan pendidikan ke jalur yang lebih tinggi, memperoleh pelatihan dan pembelajaran lainnya baik di dalam maupun luar negeri.
  • PT Pertamina memberikan total remunerasi yang kompetitif seperti: upah, tunjangan-tunjangan, fasilitas serta masih banyak benefit lainnya.

Produk BBM Berkualitas, BBM Ramah Lingkungan dari Pertamina Andalan Keluarga

1.Bright Gas dengan Sistem Pengaman Katup Ganda (Double Spindle Valve System)

Memasak dan menyiapkan segala keperluan komsumtif didapur merupakan kegiatan rutin bunda setiap harinya. Untuk menunjang aktivitas tersebut tentu bunda membutuhkan peralatan memasak yang lengkap, terutama gas beserta tabung untuk memasak. Nah, kalau untuk urusan tabung gas, keluarga kami mempercayakan kepada Bright Gas yang terdiri dari beberapa sediaan atau varian diantaranya Bright Gas 12 kg, Bright Gas 5,5 kg, dan Bright Gas Can kemasan 220 gram, setiap varian memiliki keunggulan dan kelebihan  masing-masing lho ! Kami menggunakan Bright Gas 5,5 kg, alasannya cukup simpel dan pas untuk kebutuhan keluarga kecil kami. Bunda sangat senang menggunakan Bright Gas karena terbukti aman dan dan nyaman digunakan untuk berbagai keperluan memasak di dapur.

Bright GAS

Tabung Bright Gas 12 kg & 5,5 kg punya beberapa keunggulan yang tidak dimiliki tabung lain diantaranya :

  1. Lebih Aman dan isi tabung gas tidak mudah bocor berkat teknologi Double Spindle Valve System (DSVS) yang dibenamkan kedalam Bright Gas.
  2. LPG Aman – Adanya fitur keamanan segel resmi Pertamina yang memastikan kualitas LPG serta isi LPG di dalam tabung.
  3. Tersedia jasa layanan antar yang dapat dihubungi melalui Contact Pertamina 500 000.

Sekedar informasi tambahan, bahwa baru-baru ini perusahaan juga telah menghadirkan produk baru Bright Gas Can dengan kemasan mungil 220 gram yang bisa di pakai untuk keperluan memasak lainnya.

2. BBM Pertalite dengan Kandungan Oktan atau RON 90

Pertalite merupakan jenis atau varian baru bahan bakar Pertamina yang telah ada di 34 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Dengan level research octane number ( RON ) 90, pertalite akan memmbuat proses pembakaran pada mesin dengan teknologi terkini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan Premium yang memiliki kandungan RON 88, pertalite sangat direkomendasikan dan sangat cocok untuk kendaraan roda dua ( motor ) juga untuk jenis kendaraan Multi Purpose Vehicle ( MPV ) ukuran menengah.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

BBM pertalite

Apa Keistimewaan Pertalite?

Durrability ( Ketahanan )

Pertalite msuk dalam kategori bahan bakar yang memenuhi syarat dasar ketahanan, artinya bahan bakar pertalite tidak akan menimbulkan kerusakan dan gangguan pada mesin kendaraan baik roda dua, mengapa demikian? Karena menurut pakarnya, bahwa kandungan oktan 90 lebih cocok dan sesuai dengan perbandingan kompresi kendaraan bermotor yang ada dan beredar di Indonesia. Dan tahukah Anda bahwa kandungan aditif detergent, anti korosif, serta pemisa air di dalam BBM pertalite akan menghambat terjadinya proses korosi dan pembentukan deposit di dalam mesin.

Fuel Economy ( Hemat Bahan Bakar )

Adanya kesesuaian oktan 90 yang terdapat pada Pertalite dengan perbandingan kompresi kendaraan  dalam beroperasi sesuai dengan rancangannya. Nah, dengan perbandingan Air Fuel ratio yang lebih tinggi dengan komsumsi bahan bakar membuat mesin lebih optimal dan efisien bekerja sehingga lebih hemat dan irit.

Performance ( Kinerja )

Dengan adanya formulasi yang tepat atau kesesuaian oktan PERTALITE serta zat aditif yang terkandung di dalamnya plus spesifikasi mesin akan menghasilkan kinerja mesin yang lebih optimal dan jauh lebih baik jika dibandingkan saat menggunakan Oktan 88 pada BBM Premium, dan hasilnya tarikan jauh lebih enteng, kecepatan bertambah, serta emisi gas buang yang lebih clean, inilah yangmembuat kendaraan semakin lincah bermanufer di jalanan serta ramah lingkungan.

3. Gas LPG ( Elpiji ) Yang Membuat Peralatan Masak Tetap bersih dan tidak hitam

Perlu diketahui bahwa gas elpiji merupakan gas berbentuk cair, memiliki daya panas yang tinggi, dan besar kecilnya api bisa diatur dengan mudah. Beberapa keunggulan lain dari elpiji diantaranya sebagai bahan bakar yang bersih, jadi tidak akan meninggalkan bekas hitam pada peralatan masak atau di dinding dapur, juga tidak menimbulkan bau pada menu masakan Anda, yang menarik lainnya ternyata Gas elpiji 12 kg bisa dijadikan water heater lho, menarik bukan?

GAS LPG

Sebelum menggunakan Bright Gas untuk kebutuhan memasak di dapur ( waktu masih tinggal di wilayah yang tidak dilalui oleh jalur gas kota ), keluarga kami menggunakan gas elpiji 12 kg yang biasa kami pakai hingga 2 bulan lamanya baru isi tabung gasnya habis, dan selama menggunakan tabung Gas LPG selama bertahun-tahun, baik ukuran tabung 12 kg maupun 3 kg semuanya aman dan kami tidak pernah memiliki keluhan selama menggunakannya, maka dari itu kami berani mengatakan LPG aman di gunakan sehari-hari untuk keperluan memasak di dapur.

Tips Memasang Regulator Tabung Gas Elpiji yang Benar & Aman

Maraknya berita tentang fenomena tabung gas meledak yang akhir-akhir ini terjadi bukan karena sistem pengamanan LPG yang kurang atau tidak baik, tetapi murni berasal dari kecerobohan dari pengguna yang tidak mengikuti petunjuk pemasangan tabung gas yang benar sesuai rekomendasi langsung dari pihak Pertamina. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips memasang tabung gas elpiji dengan aman, baik dan benar.

Pertama, pastikan bahwa tabung gas elpiji yang digunakan berlogo SNI ( Standar Nasional Indnonesia ) dan tidak bocor terutama pada bagian leher sambungan ( foot ring dan kepala tabung gas ) cara mengujinya gampang yaitu dengan melumuri leher tabung dengan air sabun, kemudian amati apakah terdapat gelembung-gelembung sabun, jika ia berart tabung gas bocor dan jangan digunakan, sebaliknya jika tidak terdapat gelembung sabun maka bisa dipastikan bahwa tabung gas tersebut dalam kondisi baik dan aman untuk di gunakan.

Kedua, Coba pastikan dan ricek kembali apakah karet ( rubber seal ) terpasang di dalam kepala tabung gas, periksa juga kondisinya, apakah masih lentur, halus, tidak cacat ( sobek ), dan sesuai dengan lingkar diameter lubang tabung gas.

Ketiga, Anda juga harus memastikan tidak terdapat sumber api di dekat Anda saat proses pemasangan regulator pada tabung gas.

Keempat, Posisi regulator harus tegak lurus saat dipasang ke leher tabung gas, selanjutnya putar pengunci yang posisinya tepat berada di bagian samping regulator, dan ingat memutarnya harus searah dengan jarum jam !( 180 derajat ).

Kelima, perhatikan dengan seksama apabila terdengar suara mendengar mendesis atau bunyi “cess”, maka segera buka regulator dan tukar karet gas dengan yang baru, atau bisa juga menggunakan karet yang terdapat pada tabung gas sebelumnya.

Keenam, Bila saat pemasangan regulator tidak terdengar suara mendesis, Anda dapat mencoba menyalakan kompor gas dengan memutar knop pada posisi ON.

Ketujuh, Jika kompor gas tidak mau hidup atau berapi saat kompor gas dinyalakan, apabila jarum penunjuk tidak kearah kanan, maka kemungkinan regulator yang Anda pakai sudah rusak, sehingga perlu diganti. Sebaliknya jika jarum regulator normal menunjuk ke arah kanan namun kompor gas belum menyala, coba tepuk-tepuk secara perlahan pada regulator dan goyangkan selangnya pelan-pelan, selanjutnya Anda coba hidupkan kembali.

Jika kompor gas Anda masih bandel dan tidak mau menyala, coba Anda tukar tabung gas dengan yang baru, karena bisa saja bagian penekan regulator yang digunakan tidak sesuai dengan panjang leher tabung gas.

petunjuk pemasangan regulator

Gambar: Petunjuk Pemasangan Regulator Gas elpji yang Aman dan Benar

[alert-warning]

Catatan Penting :

  • Posisi tabung gas harus lebih rendah dari kompor gas.
  • Jangan sekali-kali mencongkel valve atau karet seal
  • Bila tercium bau gas segera buka pintu dan jendela
  • Letakkan tabung gas pada posisi tegak dan aman, jauh dari sumber listrik, panas serta cukup ventilasi.
  • Jika terjadi kebocoran tabung gas, segera lepas selang regulator dan evakuasi tabung gas ke area terbuka ( misalnya di luar rumah )

[/alert-warning]

Kantor Pusat Pertamina Via Google Map

[googlemap address=”Jl. Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta 10110 ” width=”600″ height=”340″ position=”left”]

Demikian review singkat kami dengan tema Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan, yang kami ceritakan berdasarkan pengalaman keluarga selama menggunakan produk BBM berkualitas, LPG  aman dan BBM ramah lingkungan dari Pertamina ahlinya BBM berkualitas dan ramah lingkungan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •