Pilih BAB Duduk Atau Jongkok?

Berandasehat.com – Pilih BAB Duduk Atau Jongkok? Pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai hal tersebut? belakangan kloset duduk memang lebih terkenal apalagi di film, sinetron atau drama-drama yang ditayangkan di televisi memang lebih menampilkan kloset duduk. Kakus jongkok juga relatif dinilai kampungan, bukan bagian dari orang modern. Namun belakangan juga dibahas mengenai dampak kesehatan terkait Buang Air Besar (BAB) dengan duduk atau jongkok. Belakangan semakin banyak diinformasikan mengenai sejumlah penelitian yang menyebutkan bahwasanya BAB  jongkok jauh lebih sehat daripada BAB duduk.

Mengutip dari Living Traditionally disebutkan mengenai beberapa manfaat BAB dengan jongkok, antara lain :

1. BAB jongkok lebih mempermudah proses untuk membuang kotoran. Saat orang berjongkok ketika akan BAB maka kotoran akan lebih cepat keluar dengan mudah karena tekanan muncul secara alami. Berbeda ketika  BAB dengan duduk dimana orang tersebut harus lebih serius ketika menekan atau mengejan.

2. Ketika kotoran lebih mudah keluar berarti hal tersebut bisa membuat proses pembuangan kotoran lebih maksimal. Sehingga tidak ada kotoran yang tertinggal. Kotoran yang tertinggal bisa menyebabkan kanker usus besar.

3. BAB jongkok lebih mampu mencegah kotoran masuk ke dalam sehingga tidak akan mencemari usus kecil yang disebabkan kotoran yang tidak bersih sempurna.

4. Kebiasaan BAB jongkok bisa melindungi saraf prostat, saraf panggul, kantung kemih, saluran prostat maupun uterus sehingga tidak rusak atau terganggu.

5. Kebiasaan BAB jongkok bisa mencegah seseorang terkena risiko wasir. Saat jongkok akan mengurangi proses pengejanan yang dilakukan sehingga meminimalisir banyaknya tekanan saat duduk yang seringkali membuat pembuluh darah pada dubur membengkak.

Hanya saja, bagi orang tua atau orang lanjut usia, BAB duduk akan lebih aman dan nyaman bagi mereka. Hal ini disebabkan pada BAB jongkok berarti harus menjaga keseimbangan. Nah, adakalanya hal ini menyulitkan bagi orang lanjut usia. Agar lebih nyaman dan tetap sehat saat menggunakan toilet duduk, caranya bisa dengan meletakkan kursi atau pijakan di depan toilet duduk. Sehingga bisa duduk dengan meletakkan kaki pada pijakan di depannya. Sehingga manfaat BAB jongkok tetap bisa diperoleh dengan meletakkan pijakan di depan toilet duduk. Semoga artikel Pilih BAB Duduk Atau Jongkok? bisa memberikan informasi tambahan bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *