Risiko Menahan Buang Air Kecil

Risiko Menahan Buang Air Kecil bagi kesehatan sebaiknya memang diketahui. Kamar mandi umum yang cenderung kotor sering menjadi pemicu orang menahan buang air kecil, terutama kaum hawa. Atau bisa juga terpaksa menahan buang air kecil karena berada di tengah perjalanan dan kesulitan menemukan kamar mandi. Terkadang ada pula yang menahan buang air kecil karena malas ke kamar mandi saat malam hari. Untuk satu ini sebaiknya dihindari. Jika memang merasa ingin buang air kecil sebaiknya segera saja. Pasalnya ada beberapa risiko yang perlu diwaspadai karena kebiasaan menahan buang air kecil.

Beberapa Risiko Menahan Buang Air Kecil yang sebaiknya perlu diwaspadai yaitu :

1. Terjadinya Infeksi Saluran Kandung Kemih

Buang air kecil sebaiknya memang harus segera dilakukan jika sudah terasa. Hal ini agar urine yang harusnya dikeluarkan tersebut tidak menggenang di kandung kemih. Karena jika terlalu lama tertahan dan menggenang akan membuat kuman lebih mudah tumbuh dan berkembang. Apalagi bagi wanita. Saluran untuk buang air kecil lebih pendek dibandingkan pria dan lebih dekat dengan anus yang lebih banyak kuman. Jika kuman masuk maka bisa menyebabkan infeksi.

Jika terjadi infeksi biasanya terasa nyeri pada bagian perut bagian bawah. Kemudian saat buang air kecil frekuensinya lebih sering namun hanya sedikit. Tidak hanya itu saja, terkadang saat buang air kecil juga terasa nyeri. Jika sudah telanjur parah bisa menyebabkan sakit pinggang dan demam. Sebaiknya segera ke dokter untuk memperoleh pemeriksaan lebih lanjut.

2. Otot Kurang Sensitif dan Anyang-anyangen

Kapasitas rata-rata kandung kemih mampu menampung urine sekitar 0,4 liter. Jika terlalu sering menahan buang air kecil akan mengakibatkan otot pada kandung kemih merenggang dan kehilangan sensitifitas.

Tidak hanya itu saja, kebiasaan menahan buang air kecil juga menyebabkan orang merasa ingin selalu buang air kecil namun begitu akan dikeluarkan ternyata urine hanya sedikit bahkan tidak ada. Perasaan ini biasa disebut dengan anyang-anyangen.

3. Mengakibatkan Gagal Ginjal

Jika kebiasaan menahan buang air kecil ini selalu dilakukan maka akan berpengaruh terhadap kesehatan ginjal. Mengapa? Karena saat menahan buang air kecil akan menekan ginjal dan membuat produktifitas ginjal menurun. Jika dibiarkan ginjal akan membengkak dan tidak bisa berfungsi maksimal atau gagal ginjal.

Nah, jika sudah mengetahui Risiko Menahan Buang Air Kecil bagi kesehatan sebaiknya kebiasaan tersebut tidak dilakukan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •