Sakit Gigi dan Gigi Sensitif ? Baca Tips Berikut Ini

Beranda sehat.com – Sakit gigi yang sering dialami sangat bervariasi, dari ringan  sampai nyeri yang kuat dan terus menerus. Kerusakan gigi biasanya terjadi akibat kebersihan gigi yang sangat buruk, tapi dapat juga di sebabkan oleh penyakit gusi, gigi pecah, atau masalah rahang.

Sakit Gigi dan Gigi Sensitif

Remaja mungkin merasakan nyeri akibat gigi geraham terakhir yang tumbuh. Gigi Anda jadi sensitif terhadap panas atau dingin atau menggosok gigi jika enamel yang melindungi gigi menghilang atau retak, atau jika gusi Anda mundur dan memperlihatkan bagian dalam gigi.

Langkah berikut ini dapat membantu untuk mengurangi gigi selagi Anda menunggu jadwal ke dokter gigi, atau untuk mengurangi sensitivitas gigi Anda.

  • Hindari makan atau minum sesuatu yang sangat panas atau dingin. Beberapa orang, merasa berkurang nyeri giginya saat mengemut es di daerah nyeri. Hentikan jika gigi terasa lebih sakit.
  • Bilas mulut dengan air garam. Untuk membuatnya, campur satu sendok kecil garam dalam secangkir air hangat.
  • Coba bubuhkan minyak cengkeh pada gigi yang sakit ( minyak cengkeh adalah obat tradisional untuk mengurangi nyeri gigi, teteskan minyak di kapas, taruh di gigi yang sakit, gigi lembut. berhati-hatilah agar minyak tidak jatuh ke lidah karena akan sedikit membakarnya ).
  • Gunakan obat pengurang dan penghilang nyeri seperti parasetamol dan ibuprofen ( untuk anak beri parasetamol untuk mengurangi nyeri dan ketidak nyamanan atau konsultasikan dengan apoteker )
  • Gunakan dental floss untuk menbersihkan sisa-sisa makanan. bersihkan dengan lembut di setiap sisi gigi yang sakit.
  • Jika gigi Anda sensitif. Setelah menggosok gigi, pijat dengan sedikit pasta gigi ke gusi Anda dan biarkan semalaman.
  • Terapkan rutinitas higieni oral yang baik untuk mencegah kerusakan gigi lebih lanjut dengan teknik praktis higieni oral, baca : Teknik praktis Higieni Oral pada Gigi dan Mulut.

Demikian informasi singkat tentang tips mengurangi nyeri sakit gigi dan gigi sensitif, dan Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter, jika masalah gigi Anda belum teratasi setelah menerapkan tips diatas. Salam sehat