Seberapa Penting Berat Badan Seimbang Pada Anak?

BerandaSehat.Com – Berat badan merupakan ukuran berat tubuh seseorang, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Pada bayi dan anak-anak, berat badan teramat penting untuk diperhatikan, karena berat badan berhubungan dengan kecukupan gizi dan tumbuh kembang yang baik. Kekurangan berat badan menjadi salah satu pertanda kekurangan nutrisi pada bayi dan anak. Sedangkan kelebihan berat badan sampai obesitas juga tidak baik. Oleh karena itu, orangtua perlu memberikan nutrisi yang seimbang pada anak.

Bagaimana Mengetahui Berat Badan seimbang?

Cukup mudah bunda, mengapa? Karena kartu tumbuh kembang cukup baik dijadikan sebagai ukuran keseimbangan berat badan pada bayi dan balita. Dalam grafik yang tertera di kartu tumbuh kembang anak terdapat garis-garis yang menunjukkan batas berat badan normal, berat badan di bawah normal, dan berat badan di atas normal.

Bagaimana Menyeimbangkan Berat Badan Anak?

Sebenarnya pada bayi, balita, dan anak-anak belum terlalu repot dengan berdiet ala orang dewasa kecuali apabila sudah memasuki fase obesitas. Pola hidup dan pola makan seimbang memberikan pengaruh cukup besar pada berat badan anak. Berikanlah makanan seimbang pada anak-anak, mulai dari kecukupan karbohidrat, protein, lemak, sayur-mayur, dan buah-buahan. Susu juga bisa diberikan dalam jumlah sesuai kebutuhan, jika anak telah terindikasi malnutrisi atau kebalikannya obesitas maka sebaiknya orangtua berkonsultasi ke dokter dan ahli gizi untuk mengetahui dan merencanakan asupan nutrisi mereka. Happy parenting bunda 🙂 Baca juga: Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum