Sehat Itu Wajib, Setuju ?

Berandasehat.com – Sehat itu mahal harganya, slogan ini memang tidak terbantahkan. Seiring dengan bertambahnya umur kita, tentu kita dihadapkan dengan berbagai gangguan penyakit yang berbahaya. Pada zaman sekarang ini, tidak mustahil tubuh kita diserang oleh penyakit baru yang sangat berbahaya, dimana penyakit tersebut akan menyerang siapa saja tanpa memandang usia, baik muda maupun tua.

Ada slogan bijak yang mengatakan ‘ mencegah lebih baik daripada mengobati ’ ini seharusnya kita manifestasikan kedalam kehidupan kita sehari-hari. Pada saat sakit, terkadang orang baru menyadari bahwa ternyata kesehatan itu sangat penting, berbagai upaya dilakukan untuk mengobati dan memulihkan kesehatan agar kembali seperti sediakala. Dengan demikian,kesadaran kita untuk selalu menjaga kesehatan sejak dini adalah hal yang mutlak dilakukan.

Hidup sehat dapat dilakukan dengan beragam cara dan kebiasaan sehat, seperti dengan mengomsumsi makanan sehat, misalnya dengan memperhatikan kandungan gizi dan vitamin. Selain faktor makanan, ada pula faktor lain yang mempengaruhi kesehatan seperti olahraga, sinar matahari, gaya hidup, cara berpikir positif, istirahat yang cukup, dan rekreasi yang cukup.

Membiasakan menerapkan pola hidup sehat sangat penting bagi tubuh kita karena dapat menjauhkan kita dari berbagai gangguan dan serangan penyakit. Setiap tahun usia manusia akan semakin bertambah, keadaan ini juga akan menambah risiko seseorang untuk terserang penyakit. Jika kita tidak membiasakan diri dengan gaya hidup yang sehat dalam kegiatan sehari-hari, maka bisa jadi tubuh kita akan mudah untuk terjangkit penyakit. Apalagi dewasa ini, perkembangan zaman yang sangat pesat membuat lingkungan sudah tidak sehat karena tercemar zat-zat polutan.

Kesadaran manusia akan pentingnya kesehatan mencerminkan kecintaannya terhadap tubuh dan sebagai rasa syukur atas anugerah yang telah di berikan Tuhan. Kecintaan tersebut merupakan upaya seseorang dalam menjaga, merawat, serta menyayangi tubuh mereka. Hal tersebut akan terlihat jelas melalui perawatan seseorang terhadap kesehatannya yang terus terjaga. Banyak orang baru menyadari betapa pentingnyya kesehatan pada saat mengalami sakit, padahal menjaga kesehatan adalah hal yang wajib dilakukan, sehingga kita harus menyadari bahwa segala-galanya menjadi tidak berarti apabila tubuh tidak sehat.

Oleh karena itu, menerapkan gaya hidup sehat sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal tersebut berawal dari memilih makanan, tidur yang cukup, olahraga teratur, dan lain sebagainya. Hidup sehat dapat dimulai dengan menghilangkan kebiasaan buruk seperti mero*kok, minum-minuman beralkohol, dan penggunaan obat-obatan terlarang. Kesadaran dalam menerapkan hidup sehat sangat diperlukan demi perubahan hidup yang lebih baik dan berkualitas.

Kebugaran jasmani merupakan daya tahan tubuh dalam melakukan sesuatu tanpa merasa lelah dalam tempo waktu tertentu dan dapat melanjutkan aktivitasnya kembali. Gaya hidup sehat mengajarkan kita cara memperoleh tubuh yang sehat dan bugar sehingga seseorang dapat beraktivitas dengan maksimal dan tidak mudah lelah.

Makanan yang kita komsumsi juga perlu diatur mulai dari zat gizi, waktu makan, dan porsi makan. Makanan yang kita komsumsi sehari-hari harus mempunyai zat gizi yang baik. Waktu makan harus diatur sehingga tidak terlalu lambat dan tidak terlalu cepat. Selain itu, usahakan istrahat pada waktu luang, jangan terlalu memaksakan diri untuk terus bekerja dan bekerja. Apabila istirahat kurang, maka bisa membuat tubuh menjadi lemah karena otak kita tidak bisa beristirahat. Disamping itu, juga dapat menimbulkan stress atau depresi.