Sekilas Tentang Penyakit Tuberkulosis ( TBC )

Beranda Sehat.Com – Penyakit TBC atau di kenal juga dengan “ Tuberkulosis “ merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan digolongkan ke dalam penyakit yang jumlah penderitanya cukup banyak. Penyakit TBC merupakan salah satu penyakit yang penularannya sangat mudah yaitu melalui penghirupan terhadap udara yang telah tercemar olah kuman TBC. Oleh karena itu, penanggulangan terhadap penyakit ini harus di lakukan secara merata dan lebih baik.

Berdasarkan prosesnya, kuman TBC  masuk dan berkembang ke dalam tubuh secara bertahap dan perlahan-lahan, bahkan pada tahap awal yaitu ketika masuk ke dalam tubuh, penyakit ini tidak menunjukkan adanya gejala sehingga sulit di deteksi. Penyakit ini baru dapat di deteksi pada saat kuman tersebut sudah mulai menggerogoti paru-paru yang kemudian timbul beberapa keluhan seperti demam, mudah sekali merasa letih tanpa melakukan sesuatu yang memerlukan tenaga besar, dan turunnya berat badan.

Selain paru-paru yang menjadi sasaran utama, kuman ini juga masuk dan menyerang kelenjar getah bening, tulang, ginjal, hati, dan bahkan sampai ke pada selaput otak. Oleh sebab itu, pemerintah menganggap perlu sekali di lakukan penanggulangan terhadap penyakit TBC dan memusnahkannya secara cepat dengan imunisasi.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *