Seputar Antibiotik Yang Perlu Di Ketahui

Seputar Antibiotik Yang Perlu Di Ketahui

Sahabat berandasehat.com !!! Antibiotik  saat ini sangat mudah di dapatkan walaupun tanpa menggunakan resep dokter, untuk alasan tersebut Anda perlu dibekali pengetahuan tentang antibiotika, keuntungan dan kerugian penggunaannya, agar lebih bijaksana dalam memilih dan menggunakan antibiotika ( penggunaan obat antibiotika secara rasional ).

Dasar penggunaan antibiotik untuk penyakit yang disertai demam harus memiliki alasan yang tepat. Karena antibiotik merupakan obat yang berkhasiat membasmi infeksi bakterial, maka satu-satunya alasan penggunaan antibiotik adalah penyakit infeksi yang disebabkan bakteri, dengan atau tanpa demam.

Berikut ini beberapa keuntungan dan kerugian penggunaan antibiotik yang wajib Anda ketahui dan Anda pertimbangkan sebelum memilih menggunakan antibiotika.

Keuntungan :

  • Sebagian besar antibiotik pada demam memang tidak mengenai sasaran dan tidak efektif, tetapi pada keadaan tertentu ada gunanya, yaitu bila antibiotik mengenai sasaran yang tidak diperhitungkan semula. Hal ini benar-benar merupakan kebetulan karena jenis dan dosisnya pun harus kebetulan cocok.

Kerugian :

  • Semakin banyak suatu antibiotik digunakan semakin banyak timbul resistensi kuman terhadapnya.
  • Meningkatnya efek samping tidak diimbangi oleh efektifitas obat.
  • Pasien harus mengelurakan biaya yang lebih tinggi, yang sebagian besar tidak diperlukan.
  • Masking effect yang mungkin timbul menyulitkan follow up pasien dan mungkin menimbulkan kematian bila terlambat diketahuinya.
  • Menimbulkan false security pada dokter, sehingga mengabaikan cara-cara diagnostik yang baik.

Tujuan penggunaan antibiotik untuk mencegah adanya infeksi bakteri sekunder tidak dibenarkan karena super infeksi hanya terjadi pada keadaan tertentu dan tidak mungkin kita menggunakan suatu antibiotik universal untuk mencegah timbulnya jenis bakteri yang tidak dapat kita duga sebelumnya. Pasien yang benar-benar memiliki resiko boleh diberi antibiotika dengan jenis dan dosis yang sesuai. Profilaksis biasanya memerlukan dosis penuh dan tidak dapat dicapai dengan dosis kecil.

Mengingatnya besarnya kerugian yang ditimbulkan penggunaan antibiotik yang tidak rasional, idealnya Anda harus berkonsultasi dengan dokter dan menggunakan resep dokter, agar antibiotik yang digunakan memang benar-benar Anda butuhkan.

Sumber : Kapita Selekta Kedokteran