Sering di Depan Komputer? Lakukan Hal Ini untuk Kesehatan Mata Anda

Berandasehat.com – Apakah sering di depan komputer? Berarti Anda termasuk orang yang harus memperhatikan kesehatan mata. Pasalnya seringkali terjadi gangguan pada mata akibat kebiasaan membaca buku sambil tiduran dengan cahaya yang tidak terlalu terang, terlalu lama di depan layar komputer, sering menonton televisi dalam jarak dekat, dan sebagainya. Alhasil jarak pandang mata pun terbatas. Untuk diketahui bahwasanya ciri mata yang sehat adalah mampu melihat dalam jarak dekat maupun jauh dengan jelas. Jika sering melakukan hal-hal tersebut, maka harus lebih memperhatikan kesehatan mata Anda.

Untuk menjaga kesehatan mata, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain :

1. Jangan terlalu lama menatap layar komputer. Terlalu lama menatap layar komputer akan membuat mata mudah lelah, begitu pula yang terjadi jika terlalu lama menononton televisi. Jika memang memiliki jenis pekerjaan harus di depan layar komputer, sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk berisitirahat. Misalnya menatap pemandangan di luar ruangan. Atau jika tidak memungkinkan untuk keluar ruangan, alihkan pandangan ke arah lain seperti almari, meja, jendela, dan lainnya. Menatap layar komputer membuat mata jarang berkedip padahal berkedip akan mencegah mata terlalu kering sehingga harus pandai-pandai memanfaatkan waktu untuk mengisirahatkan mata.

2. Hindari membaca dengan cahaya redup. Cahaya yang redup jika dipaksa untuk membaca hanya akan membuat mata terlalu tegang. Pastikan saat membaca terdapat cahaya yang cukup, jika memang cahaya redup bisa ditambah dengan lampu baca yang mudah ditemukan.

3. Membuat rileks mata. Adakalanya sempatkan waktu untuk membuat mata rileks. Caranya Anda hanya perlu duduk santai kemudian tutup mata dengan salah satu telapak tangan. Diamkan sekitar 10 detik. Kemudian buka mata Anda jauhkan telapak tangan yang menutup mata tetapi masih dalam posisi di depan mata. Lakukan sejauh jangkauan tangan Anda. Lakukan sekitar 10 detik. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang sampai membuat mata lebih rileks.

Masih banyak cara lain untuk menjaga kesehatan mata yang bisa dilakukan. Selain cara-cara tersebut, Anda juga perlu mengonsumsi berbagai makanan yang baik untuk kesehatan mata, diantaranya :

1. Wortel. Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya sayuran jenis umbi akar ini mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Wortel bisa dimasukkan dalam menu makan sehari-hari misalnya dibuat jus, untuk sayur sop, dimakan mentah, direbus, dibuat salad dan sebagainya.

2. Tomat. Buah satu ini juga banyak mengandung vitamin C. Bisa dibuat jus atau dimakan langsung. Bisa juga dibuat jus dengan dicampur dengan wortel, apel atau keduanya.

3. Hati dan Telur. Hati termasuk sumber hewani yang banyak mengandung vitamin A, bisa hati ayam atau sapi. Selain itu telur khususnya pada bagian kuningnya juga mengandung banyak vitamin A. Meskipun keduanya memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi namun keduanya memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan mata. Anda hanya perlu mengonsumsinya secukupnya atau diseimbangkan dengan konsumsi sayur dan buah lainnya serta olahraga.

Nah, cukup mudah bukan menjaga kesehatan mata? hanya perlu mengurangi berbagai aktifitas yang kurang baik untuk kesehatan mata dan meningkatkan konsumsi makanan yang baik untuk mata maka meskipun berlama-lama di depan komputer, maka tidak perlu mengkhawatirkan kesehatan mata Anda.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *