Apakah HRIS Memang Dapat Meningkatkan Keuntungan?

Profit memang menjadi tujuan utama sebuah perusahaan. Terlebih perusahaan kecil menengah, profit akan menjadi hal utama sebagai penggerak usaha untuk menjadi lebih besar. Sayangnya beberapa perusahaan memiliki pendapat bahwa berinvestasi pada sistem HRIS tidak membawa dampak yang besar bagi perkembangannya. Padahal dalam implementasinya HRIS dapat digunakan untuk melakukan management lebih mudah terhadap SDM yang ada dalam perusahaan tersebut.

Kontrol yang dilakukan merupakan sebuah kontrol akan konsistensi. Selain kontrol sumber daya manusia, HRIS juga dapat membantu untuk mengambil suatu keputusan yang strategis. Tidak dapat dipungkiri, profit yang dihasilkan dari HRIS merupakan hasil dari efektifitas dan efisiensi yang dilakukan oleh sistem sehingga kontrol yang dilakukan pihak management akan menilai bahwa HRIS tidak berdampak apapun. Namun kenyataannya efektif dan efisien dalam perusahaan perlu ditingkatkan agar menjadi profit yang besar untuk sebuah perusahaan. Beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan pendapat HRIS adalah sebagai berikut:

1.Memaksimalkan fungsi Human Resource Departement(HRD)
Sistem HRIS hadir untuk membuat pekerjaan karyawan semakin efektif dan efisien. Jika pada saat menggunakan jasa HRD maka hal hal yang berhubungan dengan penghitungan gaji dilakukan secara manual dengan menggunakan spreadsheed atau yang lainnya.

Dengan adanya HRIS penghitungan gaji akan lebih akurat dan tidak memerlukan staff payroll. HR Departement dapat melakukan optimalisasi kerja yang lain ketika HRIS mengambil alih beberapa pekerjaannya. Dengan begitu HRIS akan memberikan pengurangan cost untuk hal tersebut dan dialihkan menjadi profit perusahaan.

2.Mengurangi error
Adanya beberapa fitur dalam aplikasi HRIS dapat meningkatkan profit perusahaan. Fitur fitur tersebut dapat berfungsi untuk mengurangi kesalahan manual yang terjadi, contoh fitur check and balance, audit trail dan warning system.

Saat terjadi kesalahan manual maka alat akan dapat dioperasikan, misalkan pada audit trail, sistem ini bisa melakukan pelacakan yang membuat kesalahan itu terjadi. Beberapa fitur mendukung untuk menyatakan bahwa keputusan yang diambil perusahaan adalah keputusan yang kurang baik, dikarenakan dengan mengambil keputusan tersebut perusahaan akan mengalami kerugian.

3.Pertimbangan struktur perusahaan
Sebuah struktur perusahaan akan memiliki kekurangan di area tertentu. Dengan adanya HRIS, sistem akan membantu mengoreksi area manakah dalam struktur yang cenderung useless.

HRIS tidak hanya menunjukkan area mana saja yang memiliki kemampuan produktivitas kurang baik terhadap perusahaan, namun juga dapat menunjukkan kinerja semua karyawan. Sehingga kebijakan yang akan diambil kedepannya akan lebih menguntungkan perusahaan.
Demikian penyajian informasi yang dapat dijadikan pertimbangan perusahaan untuk tetap memilih sistem HRIS, menggunakan HRIS atau hanya untuk mencoba HRIS untuk optimalisasi perusahaan. Karena hanya dengan mencoba maka dapat merasakan perbedaan memakai HRIS dan tidak memakainya. Jadi, apa yang Anda tunggu, cobalah Aplikasi HRIS terbaik di Indonesia, LinovHR. Platform LinovHR merupakan salah satu HRD software yang handal dan telah digunakan perusahaan – perusahaan ternama di Indonesia.

Pengelolaan data karyawan akan semakin maksimal jika tugas tim HR dapat terotomatisasi dan lebih fleksibel menggunakan Aplikasi HRIS berbasis website dari LinovHR.

Selain itu LinovHR juga memiliki software payroll yang dapat memudahkan proses pengolahan gaji karyawan menjadi lebih efektif dan efisein, tentunya akan menguntungkan juga bagi perusahaan. Segera Hubungi tim sales LinovHR untuk info selengkapnya dan mendapatkan akses trial gratis.