Stress Salah Satu Faktor Pemicu Penyakit Diabetes

Berandasehat.com – Stress Salah Satu Faktor Pemicu Penyakit Diabetes, benarkah demikian? Mungkin belum semua orang mengetahuinya. Stress seringkali hanya diperhatikan apa penyebabnya misalnya patah hati, tidak memiliki pekerjaan, penghasilan minim, permasalahan keluarga, permasalahan keuangan, dan sebagainya. Namun sangat jarang diperhatikan dampak stress itu sendiri terhadap kesehatan. Padahal stress justru menjadi salah satu pemicu penyakit-penyakit degeneratif salah satunya adalah diabetes atau kencing manis. Sress yang terjadi berulang-ulang dalam diri seseorang kemudian cenderung kurang terkontrol dengan baik, ditambah gaya hidup yang tidak sehat bisa memicu penyakit diabetes maupun penyakit yang menyerang kekebalan tubuh atau penyakit autoimun.

Tidak heran jika seseorang mengalami stress, biasanya mengalami penumpukan lemak di perut, sering sakit, tekanan darah yang tinggi, terdapat peningkatan kadar glukosa dan bisa memicu resistensi insulin. Hal ini berhadasarkan informasi dari Kepala Endokrinologi di Immunologi Center yang bernama Siegfried Miracle Lopez seperti yang dikutip metrotvnews.com menjelaskan bahwasanya ketika stress yang dialami seseorang tidak segera dipecahkan kemudian stress tersebut terjadi dalam situasi yang tidak terkontrol dan terjadi secara berulang maka dapat memicu terjadinya beberapa penyakit. Penyakit tersebut misalnya mengalami depresi, hipertensi, resistensi insulin dan diabetes. Stress Salah Satu Faktor Pemicu Penyakit Diabetes karena saat stress cenderung kekebalan tubuh seseorang akan semakin berkurang. Stress bisa menyebabkan terjadinya gangguan sistem kekebalan tubuh.

Itulah mengapa, Lopez berharap akan bisa segera tercipta pengobatan diabetes yang lebih baik. Hal ini bisa diperoleh melalui kerjasama dari berbagai kalangan yang terdiri dari orang-orang dengan multidisiplin ilmu. Misalnya terdapat ahli syaraf, psikologi, endokrin yang membantu menangani penyakit yang disebabkan karena stress. Kemudian didukung oleh orang-orang yang memang paham dengan permasalahan kesehatan tubuh manusia.

Dan sebagai individu yang telah mengetahui bahwasanya stress bisa memicu penyakit yang lebih berbahanya maka tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana mengelola stress yang baik sehingga tidak memperparah keadaan khususnya kesehatan tubuh. Stress bisa diatasi misalnya dengan menyelesaikan permasalahan pemicunya. Misalnya patah hati segera saja move on. Bertemu dengan banyak orang seperti teman atau sahabat dan keluarga bisa membantu mengurangi stress yang dialami. Kemudian bisa juga dengan melakukan aktifitas yang disukai seperti olahraga, karaoke, traveling, melukis, menulis, menari dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja tetapi juga diimbangi dengan istirahat teratur dan konsumsi makanan maupun minuman yang cukup nutrisi yang diperlukan tubuh termasuk serat, vitamin, mineral, air dan lainnya. Setiap orang pada dasarnya bisa mengalami stress namun tidak semua orang akan mengalami depresi maupun penyakit lainnya. Hal ini dikarenakan kemampuan mengelola stress yang dimiliki seseorang yang berbeda-beda. Jika tetap kesulitan mengelola stress yang dialami maka tidak ada salahnya meminta bantuan dari orang yang lebih ahli misalnya psikiater maupun psikolog. Sehingga bisa mencegah dampak yang bisa diakibatkan dari stress yang dialami. Apalagi pada dasarnya Stress Merupakan Salah Satu Faktor Pemicu Penyakit Diabetes sehingga jangan sampai mengalaminya karena bisa memicu penyakit lainnya bahkan kematian.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *