Tahukah Anda Bagaimana Pil KB Bekerja ? 0/5 (3)

Beranda Sehat – Pil KB tentu saja tidak asing dikalangan ibu-ibu rumah tangga, Pil KB merupakan salah satu metode kontrasepsi yang dianjurkan untuk mencegah kehamilan, ( baca juga : cara diet sehat saat hamil ) dengan cara dikomsumsi setiap hari, cukup praktis bukan ? Sebenarnya bagaimana Pil KB bekerja sehingga bisa mencegah kehamilan ? ada baiknya Anda simak beberapa fakta seputar pil KB dibawah ini.

pil-kb

  • Kandungan dari Pil KB berasal bahan-bahan yang meniru aksi hormon-hormon ovarium. Pada saat terjadi menstruasi, perempuan yang ber-KB sebaiknya tidak memakan obat-obatan apapun.
  • Ketika darah menstruasi berhenti ( hari kelima ) hingga hari ke dua puluh, pil di minum sekali sehari dan pil ini mengandung hormon estrogen sintetik.
  • Hari ke-21 hingga hari ke-25 pil jenis lain juga diminum dan pil ini juga mengandung senyawa yang mirip progesteron dan juga mengandung senyawa yang mirip estrogen.
  • Setelah hari ke-25, perempuan yang ber-KB tidak meminum pil apapun hingga darah menstruasi yang datang setelah itu berakhir.
  • Biasanya kedatangan menstruasi terjadi 2 hingga 3 hari setelah sejumlah pil tersebut sudah habis diminum.
  • Pil-pil yang pertama ( hari kelima hingga hari kedua puluh ) meningkatkan kadar estrogen di dalam darah. Hal ini mencegah produksi FSH dari hipofisis anterior sehingga folikel de Graaf di dalam ovarium tidak membesar dan ovulasi tidak terjadi. Hal inilah yang mencegah terjadinya kehamilan. Walaupun ovulasi tidak terjadi dan folikel de graaf tidak menghasilkan estrogen, pil-pil yang mengandung senyawa mirip estrogen itu menjalankan tugas estrogen ( pembentukan sel-sel baru, penebalan dinding rahim ) di endometrium.
  • Jenis Pil kedua ( hari ke-21 hingga hari ke-25 ) mengandung senyawa mirip progesteron. Pil-pil ini menjalankan tugas progesteron di endometrium. Jika pil ini berhenti di minum pada hari ke-25, suplai progesteron terhenti. Endometrium luruh dan siklus menstruasi dimulai.
  • Pil KB tidak mencegah perjalanan siklus menstruasi, tetapi mencegah terjadinya kehamilan ( karena tidak ada ovum yang dapat dibuahi.

Cara Minum Pil KB Yang Benar Menurut Dokter

Idealnya, waktu yang tepat dan terbaik minum pil kontrasepsi ini adalah saat terjadinya menstruasi yaitu antara hari ke-1 hingga hari ke-5, mengapa demikian? Jawabnya cukup simpel, karena diharapkan saat Anda selesai menstruasi maka akan terlindungi dari kehamilan ( kontrasepsi langsung bekerja). Bagaimana jika mengkomsumsi pil KB selain waktu diatas, apakah masih efektif mencehag kehamilan? Hal tersebut boleh-boleh saja, namun biasanya kontrasepsi tidak langsung bekerja, sehingga untuk memastikan keamanannya suami Anda perlu menggunakan kontrasepsi tambahan, misalnya kon*dom, atau tidak melakukan kontak khusus selama seminggu pertama.

Tips Minum Pil KB sehari-hari

  1. Sebenarnya, Anda dapat memulai minum pil KB setiap saat, asal Anda yakin tidak sedang dalam kondisi hamil
  2. Saat Anda mengkomsumsi pil KB sehari hari, hendaknya menggunakan waktu yang sama setiap harinya. Ini untuk menjaga dan memaksimalkan efektifitas penggunaan kontrasepsi or*al ini. Misalnya ketika pertama kali minum pil Kb jam 8 malam, maka sebaiknya gunakan patokan waktu tersebut setiap harinya. Denga membiasakan cara ini akan membuat tubuh juga terbiasa menerima dorongan hormonal yang sama secara rutin dan juga teratur. Kelebihan lainnya ibu akan terbiasa dan mudah mengingat kapan waktu minum pil KB, dengan cara ini juga akan membuat Anda mudah membuat alarm jadwal minum pil KB.

Kalau Lupa Minum Pil KB, Bagaimana?

Jika Anda lupa minum pil KB, misalnya jamnya tidak sama, tetap diperbolehkan minum asalkan tidak lebih dari 12 jam dari jam biasanya. Namun jika lupa selama 1 hari atau lebih ( 24 jam atau lebih ), Anda bisa saja melanjutkan minum pil KB tersebut dengan catatan, Anda perlu perlindungan KB lain seperti Kon*dom, mengapa? Karena efektifitas pil KB tentu saja akan berkurang.

Adakah bahaya yang bisa timbul dari menggunakan Pil KB?

Jawabannya, tentu saja Anda walapun hal ini sangat jarang terjadi, namun sebaiknya Anda juga mengetahui apa saja bahaya minum pil KB seperti berikut ini

  • Anda sering mengalami sakit perut, terutama pada bagian perut sebelah kanan, di bawah tulang rusuk. Timbul nyeri dada hingga lengan, batuk darah, sesak napas.
  • Sakit kepala yang parah dan tidak hilang meskipun Anda telah minum obat analgetika seperti parasetamol atau aspirin.
  • Penglihatan Anda kabur, kerlap-kerlip, penglihatan ganda, atau
  • Timbulnya pembengkakan, kemerahan, mati rasa dan kesemutan atau nyeri di kaki.

Beri Nilai Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *