Tahukah Anda Faktor Yang Memengaruhi Asupan Nutrisi Seseorang ?

Berandasehat.com– Asupan nutrisi yang baik dan adekuat akan membuat tubuh seseorang selalu sehat dan fit, sehingga mereka bisa menjalankan aktifitas sehari-hari dengan lancar. Namun, untuk beberapa orang mengalami kesulitan untuk mengoptimalkan asupan nutrisi mereka, hal ini disebabkan dan dipengaruhi beberapa faktor seperti dijelaskan berikut ini.

Pengetahuan
Pengetahuan atau informasi yang kurang tentang nutrisi dan manfaat dapat memengaruhi pola komsumsi seseorang. Contohnya, pada saat wabah flu burung berkembang, banyak orang menghindari mengkomsumsi ayam karena takut tertular. Akibatnya, asupan protein hewani mereka berkurang. Padahal, jika ayam diolah dengan benar, pengomsumsian ayam tersebut tidak akan menyebabkan flu burung.

Prasangka atau Mitos
Prasangka atau mitos tentang makanan dapat memengaruhi asupan makanan seseorang. Contohnya, mitos jika ibu hamil banyak minum air kelapa muda, anak yang dikandungnya akan memiliki kulit yang putih. Akibatnya, ibu hamil yang percaya akan mitos tersebut akan menambah asupan air kelapa muda dalam dietnya karena ia menginginkan anak yang berkulit putih.

Pilihan Pribadi (Kesukaan dan Ketidaksukaan)
Kesukaan akan suatu jenis makanan dapat mengakibatkan asupan gizi berkurang. Contohnya seorang anak yang suka makan ayam menginginkan ada msakan ayam dalam menu makanannya. Hal ini dapat menyebabkan anak tersebut kekurangan asupan zat gizi dari sumber yang lain. Ketidaksukaan akan suatu jenis makanan juga dapat menghasilkan efek yang sama.

Kebudayaan dan Keyakinan (Agama)
Kebudayaan dan keyakinan (Agama) yang dianut menyebabkan seseorang harus mengikuti perintah dan larangan yang diatur dalam kebudayaan dan keyakinan tersebut. Termasuk larangan mengomsumsi salah satu jenis makanan, misalnya sapi atau babi. Dengan demikian, asupan protein dari jenis makanan tersebut berkurang dan harus diganti dengan jenis makanan lain yang memilki zat gizi yang sama.

Ekonomi
Pan nutrisi dengan baik, karena Orang dengan status ekonomi yang tinggi, umumnya dapat memenuhi asupan nutrisi dengan baik karena mereka memiliki dana membeli makanan bergizi tinggi. Namun, tidak demikian halnya dengan orang berstatus ekonomi rendah. Orang dengan status ekonomi rendah umumnya tidak dapat memenuhi asupan nutrisi dengan baik karena keterbatasan dana.

Faktor Psikologis
Stres psikologis terkadang membuat pola makan seseorang drastis berubah. Beberapa orang menjadi tidak berselera makan ketika sedang stres, tetapi sebagian orang lagi justru selera makannya bertambah ketikda sedang stres. Kedua hal inilah yang menyebabkan perubahan asupan makanan.

Demikianlah 6 faktor yang dapat memengaruhi kualitas dari asupan nutrisi seseorang, pastikan asupan nutrisi Anda dan keluarga selalu diperhatikan agar selalu dalam kondisi yang sehat dan bugar.