Tahukah Anda Hal-hal Yang Bisa Membuat Anak Menjadi Takut?

anak takutTakut merupakan hal yang wajar yang dialami seseorang apabila diri mereka merasa terancam, terkejut, dan lemah. Takut dialami oleh anak-anak sampai dewasa. Asalkan tidak berlebihan maka takut masih dianggap sebagai satu kewajaran. Jika rasa takut berlebihan dengan sesuatu yang sebenarnya tidak membahayakan maka disebut sebagai trauma.
Beberapa hal yang bisa membuat Anak menjadi takut, diantaranya dapat dilihat sebagai berikut:

Kegelapan

Seringkali anak merasa takut terhadap kegelapan. Pada anak yang lebih besar jika menganggap bahwa dalam kegelapan terdapat monster menakutkan yang membahayakan bagi mereka. Ketakutan akan kegelapan ini bisa diantisipasi dengan membiasakan anak tidur dalam ruang dengan lampu tidur temaram. Menceritakan hal-hal menyenankan sebelum tidur juga bisa membawa perasaan nyaman pada anak meskipun kamarnya temaram.

Ketinggian

Anak juga bisa takut terhadap ketinggian, hal ini biasanya dialami setelah mereka pernah terjatuh dari tempat tidur dan bidang yang lebih tinggi lainnya. Memberikan pemahaman tentang bidang tinggi bisa menolong anak, misalnya dnegan menunjukkan bidang tinggi yang semestinya ditakuti dan yang tidak perlu ditakuti.

Benda Tajam

Ketakutan anak akan benda tajam bisa dimengerti karena memang benda-benda tajam seperti pisau, gunting dan sejenisnya masih berbahaya bagi anak. Namun, sebaiknya orangtua tak berlebihan merasa panik sehingga anak bisa menganggap benda-benda tersebut wajar jika digunakan sebagaimana mestinya dengan hati-hati kelak saat mereka telah dewasa.

Suara Keras

Suara keras bisa membuat anak terkejut dan takut. Namun, sesekali orangtua perlu menunjukkan bahwa di satu tempat dan kesempatan tertentu akan ada orang dan benda yang suaranya keras. Pemahaman ini lambat laun akan dimengerti oleh anak sehingga mereka tetap bisa membedakan suara keras mana yang perlu ditakuti dan yang tidak.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *