Tahukah Anda Kemiripan Sifat Mata dan Kamera ?

Beranda Sehat – Mata merupakan organ penting dalam tubuh kita yang memiliki fungsi sebagai organ peglihatan, coba bayangkan jika fungsi organ ini terganggu, pastinya akan menyisakan banyak masalah. Kalau sudah begini, tentu Anda akan sangat tergantung sama orang lain, benar bukan? Kita patut bersyukur karena sudah di beri nikmat yang sangat melimpah, salah satunya bisa melihat keindahan dunia beserta isinya dengan organ penglihatan yang berfungsi dengan baik. Secara sederhana mata bekerja dengan cara mendeteksi cahaya, selanjutnya di ubah menjadi impuls elektro-kimia pada sel saraf. Atau dalam pengertian lain mata adalah system optic kompleks yang mengumpulkan cahaya dari lingkungan sekitarnya, kemudian diatur intensitasnya melalui diafragma, difokuskan melalui lensa untuk membentuk sebuah gambar, mengkonversi gambar menjadi satu himpunan sinyal listrik dan selanjutnya sinyal-sinyal di transmisikan ke otak melalui jalur saraf kompleks yang menghubungkan mata melalui saraf optic menuju korteks visual dan area lain dari otak, sehingga Anda dapat melihat objek di sekitar dengan mudah, mengagumkan bukan?

mata-sehatNamun, tahukah Anda ? Jika kita membandingkan antara mata dengan kamera, setidaknya ada kesamaan fungsi yaitu mampu mendeteksi obyek yang berada disekitarnya ( visualisasi ). Lalu, apa kemiripan sifat mata dan kamera?  berikut ini adalah beberapa sifat yang dapat Anda temukan dari keduanya.

kamera

Mata

  • Kelopak mata mencegah cahaya masuk kedalam mata ( pada saat mata terpejam).
  • Iris mengatur ukuran pupil sehingga dapat mengatur intensitas cahaya yang masuk melalui pupil.
  • Kecembungan lensa mata dapat dikurangi atau ditambah melalui aksi otot siliari.
  • Lapisan koroid menggelapkan ruang dalam mata.
  • Retina menerima bayangan tersebut.

Kamera

  • Alat penutup kamera mencegah cahaya masuk kedalam kamera.
  • Diafragma kamera mengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam kamera.
  • Lensa kamera tidak dapat berubah bentuk, tetapi jauh benda yang dilihat itu dapat difokuskan.
  • Ruang dalam kamera adalah gelap.
  • Retina menerima bayangan tersebut.

Agar kondisi mata Anda tetap sehat, sehingga fungsi penglihatan tetap baik dan tidak mengalami penurunan fungsi, hendaknya Anda juga harus memahami dan mengerti benar bagaimana tips dan cara merawat mata dengan baik, seperti berikut ini

Modifikasi Gaya Hidup

Di era digital seperti saat ini manusia sangat tergantung dengan berbagai alat elektronik seperti komputer, televisi, android, smartphone dan lain  sebagainya. Alat-alat tersebut jika di gunakan terlalu lama dan tanpa jeda, tentunya akan membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan mata. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu lama menggunakan komputer, main game, nonton tv. Jika pekerjaan menuntut demikian, hendaknya usahakan beristirahat secara rutin dan menjauh dari perangkat komputer untuk beberapa saat, misalnya setiap 30 menit hingga satu jam, dan gunakan waktu istirahat 5-10 menit. Sering-seringlah mengedipkan mata, agar tidak menjadi kering, atau sekedar mengalihkan pandangan keluar ruangan untuk beberapa saat. Bagi pengguna komputer sebaiknya menggunakan layar LCD atau LED, jangan menggunakan layar CRT karena radiasinya lebih tinggi, dan bisa membuat mata menjadi tegang dan cepat lelah

Anak yang sering menonton TV terlalu dekat, resiko matanya menjadi minus menjadi lebih besar ketika ia tumbuh dewasa, sebaiknya jarak yang aman untuk menonton televisi adalah 2 meter untuk ukuran TV 14 inchi, untuk layar yang lebih besar sebaiknya lebih jauh lagi. Hal tersebut juga berlaku ketika anak bermain game, sedang membaca, sebaiknya jarak diatur sedemikian rupa sehingga tida terlalu dekat.

Jangan biasakan membaca sambil tiduran, membaca dalam kondisi pencahayaan yang kurang, menggosok mata dengan kasar dan berlebihan ketika gatal atau kemasukan benda asing, lakukan hal tersebut secara perlahan dan hati-hati.

Sebisa mungkin menghindari polusi debu ketika berada di luar ruangan, misalnya di jalan raya atau di area pabrik, gunakan pelindung seperti kacamata atau helm yang berkaca. Dengan demikian mata akan terhindar dari kemasukan debu yang bisa berakibat mata menjadi infeksi dan menyebabkan katarak. baca juga: Pilihan Kacamata Berkualitas Dan Pelayanan Terbaik Di Optik Tunggal

Sumber Makanan Untuk Kesehatan Mata

Selain merubah pola dan gaya hidup yang kurang sehat, beberapa sumber makanan penting untuk Anda komsumsi secara rutin agar kesehatan mata akan tetap optimal.

  • Komsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, sumber-sumbernya berasal dari sayur-sayuran dan buah-buahan  seperti alpukat, wortel, papaya, wortel mengandung senyawa b-karoten, yakni sejenis karotenoid yang emmiliki peran penting menjaga mata tetap sehat, selain itu senyawa tersebut dapat juga Anda temukan pada labu kuning.
  • Dengan rajin mengkomsumsi sayuran-sayuran berdaun hijau tua sangat baik lho, mengapa? Sayuran berdaun hjau tua seperti brokoli, bayam, atau sayuran lain mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin yang merupakan bentuk karotenoid yang sangat baik untuk meminimalisir risiko terjadinya katarak dan penurunan fungsi penglihatan secara umum,s ebagai akibat gangguan pada pusat retina. Caranya komsumsi brokoli satu porsi saat makan siang, dan 1 porsi bayam pada malam harinya, simpel bukan?
  • Asam lemak omega-3  juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, terutama perlindungan pada lensa mata, saluran air mata, mencegah mata kering dan katarak. Sumber asam lemak omega-3 dapat diperoleh dari ikan salmon, tuna dan halibut. Komsumsi 2-3 porsi rutin dalam seminggu, kurangi daging merah yang disinyalir bisa meningkatkan risiko gangguan mata di usia senja.
  • Terakhir, mengkomsumsi vitamin juga perlu dipertimbangkan untuk menjaga mata tetap sehat. Peneliti dari National Eye Institute mensinyalir bahwa vitamin yang bersifat antioksidan seperti vitamin S dan E, B6, dan B12, beta karoten, mineral tembaga hingga seng mampu menghambat penurunan fungsi organ penglihatan, seperti penyakit katarak.

Beri Nilai Artikel