Telinga Meletup ? Ini Dia Tipsnya

Sahabat Beranda !!! Rasa “telinga meletup” biasa terjadi selama perjalanan udara, menyelam, atau bahkan saat naik mobil yang menanjak atau menurun bukit. Ini akibat perbedaan tekanan antara lingkungan dan bagian tengah telinga Anda. Sehingga gendang telinga bengkak, nyeri, tak mendengar, dan berdenging sementara. Biasanya, tekanan menjadi seimbang saat udara mengalir masuk dan keluar telinga bagian tengah melalui saluran eusthachius, yang meghubungkan telinga bagian tengah ke hidung dan tenggorokan. Tapi selama menanjak atau menurun cepat saluran terlalu singkat untuk meradaptasi. Bayi dan anak kecil punya saluran pendek, sempit dan rentan terhadap telinga meletup ini. Telinga Anda juga gampang meletup jika hidung terseumbat.

Ada beberapa yang Anda ambil untuk menyeimbangkan tekanan dalam telinga Anda. Ketidaknyamanan telinga meletup biasanya hilang 3-5 jam setelah tekanan distabilkan.

  • Di kapal terbang, kunyah permen karet atau permen saat pesawat naik atau turun dengan cepat.
  • Sering menelan ludah dengan mulut terbuka atau menguap membantu menyeimbangkan tekanan.
  • Jika Anda bepergian dengan bayi, coba susui atau berikan susu dengan botol selagi kapal terbang lepas landas atau turun, atau biarkan bayi mengisap dot. Berikan bayi banyak cairan selama bepergian.
  • Jika Anda pilek, infeksi telinga, atau sinusitis, coba hindari penerbangan. Jika musti terbang, gunakan dekongestan. Jika Anda kena hay fever saat terbang gunakan antihistamin. Jangan menyelam jika Anda mengalami kondisi ini.

Teknis Praktis Membuka Sumbatan Telinga

  • Coba tindakan berikut untuk mengurangi rasa nyeri dan sumbatan di telinga. Anda perlu melakukan ini beberapa kali selama pesawat naik atau turun.
  • Pencet keras hingga kedua lobang hidung tertutup dengan ibu jari dan telunjuk.
  • Bernafaslah melalui mulut Anda, kemudian tutup. Tekan hidung dan perlahan tiup lewat lubang hidung hingga telinga Anda terasa lega.

Demikian beberapa tips seputar masalah telinga meletup, semoga artikel ini dapat membantu Anda mengatasi masalah telinga saat naik pesawat dan ataupun yang lainnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?