Tips Aman Puasa Bagi Ibu Hamil

Tips Aman Puasa Bagi Ibu Hamil – Tidak sedikit orang yang menyarankan agar ibbu hamil sebaiknya tidak menjalankan ibadah puasa saat bulan ramadhan tiba. Kekhawatiran tersebut disebabkan ibu hamil tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga janin yang tengah dikandungnya. Janin juga membutuhkan nutrisi. Jika ibu hamil tersebut tetap berpuasa dikhawatirkan janin akan kekurangan nutrisi sehingga pertumbuhannya terganggu. Benarkah ibu hamil tidak diperbolehkan menjalankan puasa? Ternyata tidak semua berpendapat demikian, masih banyak juga yang berpendapat bahwasanya puasa tidak akan berpengaruh pada kehamilan maupun kondisi janin yang tengah dikandung.

Artikel lain : Madu Subur MAX, Herbal Penyubur Reaksi Cepat

Hal ini dengan catatan, ibu hamil mengonsumsi makanan yang penuh zat gizi dan mineral penting bagi pertumbuhan janin. Selama persediaan asupan makanan dari plasenta melalui aliran darah cukup, maka kandungan maupun janin tidak akan mengalami masalah. Artinya ibu hamil tetap bisa berpuasa selama ibu tersebut dalam kondisi sehat dan mampu menjalankan puasa. Ibu hamil tidak dalam keadaan kurang gizi, sakit, lemas, anemia, dan lainnya. Ada baiknya sebelum memutuskan untuk menjalankan puasa, sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang biasa memeriksa. Apabila kandungan maupun kesehatan ibu hamil tidak ada masalah dan diperbolehkan menjalankan puasa maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Ada beberapa Tips Aman Puasa Bagi Ibu Hamil yang bisa dilakukan agar lebih yakin dalam menjalankan puasa, yaitu :

1. Banyak Minum Air Putih. Untuk mencegah dehidrasi perlu memperbanyak minum air putih. Apalagi saat hamil juga biasanya membutuhkan lebih banyak cairan. Maksimalkan kebutuhan air putih atau cairan dalam tubuh yang diperlukan. Dilakukan saat sahur, berbuka dan malam hari.

2. Konsumsi banyak makanan berprotein dan lemak yang cukup saat melakukan sahur. Baik protein maupun lemak bisa bertahan lebih lama di pencernaan. Hal ini akan mempertahankan rasa kenyanag. Beberapa makanan yang mengandung tinggi protein diantaranya adalah ikan, daging, telur dan lainnya. Selain itu juga diperbanyak buah dan sayur dengan vitamin C, zink untuk menjaga daya tahan tubuh. Minum susu maupun multivitamin penambah darah juga diperlukan untuk mencegah anemia.

3. Konsumsi minuman hangat dan manis untuk mengembalikan atau meningkatkan kadar gula dalam darah saat berbuka. Hindari minuman dingin karena dapat menganggu kinerja lambung. Setelah sholat maghrib, baru kemudian mengonsumsi makanan pokok.

Namun, perlu diingat meskipun ibu hamil diperbolehkan menjalankan puasa tetap harus memperhatikan kesehatan kandungan dan janin, baca juga Manfaat Puasa Bagi Kesehatan. Ibu hamil juga perlu lebih rutin memeriksakan kehamilan sehingga bisa diketahui perkembangannya.

Selain itu jika selama hamil, ternyata sering muntah bahkan diare, lemas, pusing dan efek buruk lainnya, maka ibu tersebut harus membatalkan puasa. Jika Anda tetap ingin menjalankan ibadah puasa ikuti sajaTips Aman Puasa Bagi Ibu Hamil namun tetap dengan pertimbangan dokter atau bidan yang memeriksa kehamilan Anda.