Tips Ampuh Atasi Penyakit Kurap

Beranda Sehat– Anda pernah mengalami masalah pada kulit yang ditandai dengan rasa gatal yang sangat kuat? dimana kondisi ini sering terjadi pada daerah-daerah lipatan yang lembab, atau area yang jarang berangin-angin, seperti daerah lipatan tangan, selangka#ngan,,pa#ha dan lain-lain. Apakah itu termasuk penyakit kurap? lanjut baca ya!

Gambaran Penyakit Kurap

Seperti sama-sama kita ketahui bahwa kulit merupakan organ terluar dari tubuh kita yang memiliki fungsi penting untuk melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit, benar bukan? Biasanya suatu penyakit akan muncul sebagai hasil interaksi dari beberapa faktor seperti AGEN (pembawa penyakit), HOST ( Manusia), dan Envirotmen ( lingkungan). Salah satu langkap preventif efektif yang dapat dilakukan oleh manusia untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit kulit jenis kurap yakni dengan menerapkan personal hygiene yang baik.

Personal hygiene itu sendiri merupakan langkah-langkah nyata yang kita lakukan guna menjaga kebersihan tubuh seperti mandi, menggosok gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih. Dengan mandi secara teratur dan benar dapat menghilangkan debu, bau,d an sel-sel kulit yang sduah mati. Mandi tentu sangat bermanfaat buat kesehatan kita, menjaga tubuh agar tetap bersih dan rapi, selanjutnya mencuci tangan dengan menggunakan sabun sangat efektif sebagai upaya untuk mencegah penyakit menyerang tubuh kita, mengapa ini penting dilakukan? Tangan seringkali menjadi agen yang emmbawa kuman dan menyebabkan bakteri dan kuman pathogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik secara langsung maupun tidak. Untuk hasil yang efektif sebaiknya personal hygiene dapat diterapkan pad asemua lingkungan, baik di rumah, sekolah, masyarakat maupun instansi-instansi lainnya.

Bercak berlendir, merah, sangat gatal, bersisik di kulit yang membesar selama seminggu atau lebih berbentuk cincin merah, itulah gambaran penyakit kurap, benar bukan ? Ini dapat terjadi di bagian manapun, tapi jika terdapat di kulit kepala dapat menyebabkan rambut patah dan rontok.

Cara Mudah mengobati Kurap

Penyebab Kurap

Kurap disebabkan oleh infeksi jamur akibat kontak langsung dengan orang atau binatang peliharaan yang telah terinfeksi. Atau dari barang yang terkontaminasi seperti handuk atau sisir.

Metode Efektif Obati Penyakit Kurap

Cara ini bisa membantu Anda menyembuhkan penyakit kurap yang di derita, dan bila mungkin gunakan bersama obat yang diresepkan oleh dokter.

  1. Coba gunakan krem anti jamur dan jangan lupa cuci tangan setelah menyentuh bercaknya untuk mencegah penularan.
  2. Jaga kulit tetap bersih dan kering. Minyak mandi oatmeal dapat mengurangi gatal.
  3. Untuk mencegah agar infeksi tidak menyebar ke orang lain atau menginfeksi kembali Anda, cuci baju, sprei, dan handuk yang baru Anda gunakan. Jika kurap di kulit kepala, selalu cuci sisir setiap habis dipakai.
  4. Jangan sentuh binatang yang menunjukkan tanda infeksi, seperti bulunya rontok. Jika Anda menduga binatang peliharaan terkena kurap, segera bawa ke dokter hewan.
  5. Jika kulit kepala Anda terkena kurap, cuci rambut menggunakan sampo bayi, lalu keringkan rambut tanpa menggunakan pengering rambut. Jangan gunakan gel, mousse, atau produk rambut lainnya.
  6. Anda tak perlu menghindari orang, tapi hindari olah raga kontak hingga Anda setidaknya 4 hari mendapatkan pengobatan anti jamur.
  7. Segera bawa ke dokter bila bercaknya tidak berubah setelah pengobatan selama seminggu, kulit Anda merah dan bercaknya semakin parah dan sakit, Ada bengkak besar dikulit kepala yang berisi nanah dan rambut Anda rontok.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk meberantas penyakit kurap yang membandel. Dan jika penyakit juga tidak kunjung sembuh, silahkan konsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaaan dan pengobatan yang lebih akurat lagi.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *