Tips dan Teknik Praktis Mengatasi Kotoran di Telinga

Tips dan Teknik Praktis Mengatasi Kotoran di TelingaSahabat berandasehat.com !!! Normalnya kotoran telinga di hasilkan dalam jumlah kecil untuk melindungi  saluran telinga dan dibuang dengan alami. Tapi jika di produksi terlalu banyak, ini dapat tertumpuk, menjadi keras dan kering, dan menutupi saluran telinga Anda. Menggunakan cotton bud untuk membersihkan malah dapat menyebabkan kotoran jadi menyumbat. Anda juga mengalami gatal, bunyi ( tinitus ), atau pening. Penumpukan kotoran telinga umum terjadi pada orang lanjut usia dan orang yang mengenakan bantuan alat pendengaran.

Anda jangan membuang kotoran telinga jika menyebabkan masalah. Anda bisa membersihkan penumpukan dengan langkah berikut. Jika Anda perlu mendapat penanganan dari dokter, langkah ini juga membantu kotoran telinga melembut.

  • Jangan pernah menggunakan cotton bud atau mendorong sesuatu dalam telinga untuk membersihkannya. Ini membuat kotoran telinga terdorong masuk saluran telinga, Anda juga dapat merusak lapisan saluran telinga, menyebabkan iritasi dan infeksi, atau bahkan merusak gendang telinga.
  • Obati telinga Anda dengan sesuatu yang membuat kotoran menjadi lembek. Coba gunakan minyak zaitun, minyak almond, atau tetes sodium bicarbonat ( lihat teknik praktis )
  • Jika yang diatas tidak efektif, coba gunakan tetes telinga yang mengandung pelarut kotoran atau minta saran dari dokter Anda.

Teknik Praktis Melembutkan Kotoran Telinga

  • Anda dapat membeli minyak zaitun, minyak almond atau tetes sodium bicarbonat dari apoteker. Minta pipet jika tak tersedia. Jika kedua telinga yang tertutup, tunggu hingga yang satu bersih sebelum mengobati yang lain, karena ini akan memperburuk sementara saat kotorannya lembek.
  • Hangatkan setengah jam minyak zaitun atau almond hingga setara dengan suhu ruangan, atau percepat prosesnya dengan menaruh botol di air hangat. Anda dapat menggunakan tetes sodium bicarbonat langsung.
  • Berbaring dengan telinga yang tertutup menghadap keatas, teteskan 3-4 tetes ke saluran telinga. Tunggu 10 menit hingga terserap, kemudian usap sisanya.
  • Ulangi prosesnya 3 kali sehari selama 5 hari.

Itulah beberapa tips dan teknik praktis yang dapat digunakan dalam perawatan dan melembutkan kotoran di telinga, semoga bermanfaat buat kita semua.